Minggu, 01 Juli 2018 20:48 WITA

Marquez Juara MotoGP Belanda 2018, Rossi Tercecer

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Marquez Juara MotoGP Belanda 2018, Rossi Tercecer

RAKYATKU.COM - Marc Marquez keluar sebagai juara MotoGP Belanda 2018 di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018).

Urutan kedua ditempati Alex Rins disusul Maverick Vinales di posisi tiga. Sementara itu, Movistar Yamaha, Valentino Rossi harus puas finis di urutan Rossi.

Sejak awal balapan, Marquez sukses mempertahankan posisi pertama. Marquez pun langsung memacu motornya untuk memperlebar jarak dari pebalap lainnya.

Jorge Lorenzo mengawali balapan ini dengan luar biasa, langsung menyodok ke peringkat kedua di awal balapan dengan melewati sembilan pebalap. Ia langsung terlibat balapan yang ketat dengan Marquez dan sempat memimpin balapan di lap kedua. 

Hanya saja, Marquez yang tak mau ketinggalan pun sukses menyalipnya balik di lap yang sma. Sementara itu, Rossi yang sempat tercecer ke posisi lima kini sudah berada di posisi tiga dan terlibat pertarungan dengan Dovizioso.

Di lap keempat, Lorenzo mulai mengintai Marquez dan siap menikungnya di tikungan ketujuh. Sempat gagal, ia berhasil menuntaskan misinya itu di tikungan kesembilan dan mengambil alih balapan. Di beberapa tikungan setelahnya, giliran Rossi yang menyalip Marquez.

Di putaran ke-6, Rossi nyaris saja bertubrukan dengan motor Lorenzo yang secara mendadak melambat. Hanya saja, Rossi langsung berhasil menyelamatkan balapannya dengan mengambil jarak. Sementara itu, Dovizioso sempat menyalip Marquez dan merebut tempat ketiga.

Di putaran ke-delapan sempat terjadi beberapa kali pergantian posisi di bagian depan. Mulai dari Rossi yang sempat menyalip Marquez, dan kemudian disalip balik. Lalu Dovizioso yang menyalip Rossi dan kemudian diikuti oleh Alex Rins. 

Sementara itu, Lorenzo semakin nyaman memimpin balapan, meski tak bisa memperlebar jarak terlalu jauh dari Marc Marquez. Keduanya hanya berjarak kurang dari 0,5 detik. Bahkan, kesepuluh pebalap terdepan pun masih dalam jarak kurang dua detik.

Di putaran ke-16, baik Marquez mapun Rossi sama-sama naik satu posisi. Marquez sukses menyalip Lorenzo dan kini membayangi Dovizioso di depan, sementara Rossi berhasil menyalip Alex Rins dan merebut posisi lima. 

Di putaran ke-21, Marquez yang coba menahan laju Vinales melakukan kesalahan sehingga kedua pebalap melebar di tikungan. Momen itu kemudian dimanfaatkan Dovizioso dan Rossi untuk merebut posisi satu dan dua. 

Marquez memanfaatkan trek lurus di putaran ke-22 untuk mengambil alih balapan dari tangan Dovizioso. Hasilnya, ia behasil memimpin balapan hingga finis. Ini adalah gelar juara kedua Marquez di Sirkuit Assen!