Jumat, 20 Juli 2018 16:05 WITA

Rute Lengkap Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Makassar

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Rute Lengkap Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kirab Obor Asian Games 2018 (torch relay) juga akan melintas di Kota Makassar. Berdasarkan jadwal, peristiwa penting itu akan berlangsung pada 29 Juli 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamudin menuturkan, obor yang apinya berasal dari penyatuan api Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India dan api dari Mrapen, Grobogan, Jawa itu, akan tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta melalui jalur laut.

"Setelah dari Tanjung Bira, kirab obor akan langsung dibawa ke Kota Makassar melalui jalur laut. Tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta, obor tersebut selanjutnya dibawa lagi ke markas Lantamal VI untuk proses serah terima," tutur Hendra kepada Rakyatku.com, Jumat (20/7/2018).

Dari Lantamal VI, lanjut Hendra, obor tersebut dibawa ke tempat seremonial utama, yaitu anjungan Pantai Losari. Setelah prosesi penyerahan kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dimulailah Kirab Obor Asian Games 2018.

Iring-iringan kirab obor terdiri atas tiga formasi, yaitu pemegang obor, komunitas, pihak sponsor dan INASGOC selaku penyelenggara Asian Games 2018.

Rute kirab obor akan dimulai dari Jalan Penghibur menuju Jalan Ujung Pandang, kemudian melalui Jalan Ahmad Yani, belok kanan ke arah Jalan Jenderal Sudirman, lalu ke Jalan Chairil Anwar. Selanjutnya iring-iringan ke arah Jalan Sawerigading dan menuju ke Lapangan Hasanuddin.

"Di Lapangan Hasanuddin sudah menunggu Pak Wali Kota Makassar, untuk menyerahkan obor ke Bapak Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan," kata dia.

Oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Obor Asian Games 2018 akan dibawa ke Rumah Jabatan untuk diinapkan satu malam di sana hingga 30 Juli 2018.