Selasa, 24 Juli 2018 17:29 WITA

Kirab Obor Asian Games 2018 Bakal Lewati Sejumlah Destinasi Wisata di Makassar

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Kirab Obor Asian Games 2018 Bakal Lewati Sejumlah Destinasi Wisata di Makassar
Fort Rotterdam jadi salah satu destinasi yang dilalui kirab obor Asian Games 2018.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan, kirab obor Asian Games 2018 akan melewati sejumlah destinasi wisata di Kota Makassar.

"Tiba di Pelabuhan Sorkarno Hatta, obor selanjutnya dibawa ke markas Lantamal VI untuk proses serah terima. Kemudian dibawa lagi ke Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur," kata Hendra kepada Rakyatku.com, Selasa (24/7/2018).

Di Anjungan Pantai Losari inilah acara seremonial penyerahan obor Asian Games 2018 dilaksanakan. Obor diserahkan kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, yang didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Mulai di Anjungan Pantai Losari, obor yang dibawa oleh atlet-atlet asal Sulawesi Selatan itu, akan di bawa melalui Jalan Ujung Pandang melewati Fort Rotterdam, salah satu peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1545 Masehi.

Dari Jalan Ujung Pandang, iring-iringan kirab obor Asian Games dibawa melewati Jalan Ahmad Yani. Di sepanjang jalan ini terdapat tiga ikon dari Kota Daeng. Antara lain  Gedung Kesenian, Kantor Balai Kota Makassar, dan Lapangan Karebosi.

"Selanjutnya ada Monumen Mandala yang terdapat di Jalan Jenderal Sudirman. Ada pula Lapangan Hasanuddin yang menjadi lokasi penyerahan obor, dari Pak Wali Kota Makassar ke Bapak Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Obor Asian Games 2018 akan dibawa ke Rumah Jabatan Gubernur untuk diinapkan satu malam di sana hingga 30 Juli 2018.

"Salah satu misi pemerintah dalam kirab obor Asian Games 2018 ini, memang untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada di seluruh Indonesia," pungkasnya.