Sabtu, 28 Juli 2018 13:04 WITA

Ditunggu di Islamic Center Dato Tiro, Obor Asian Games Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal Pendamping

Editor: Abu Asyraf
Ditunggu di Islamic Center Dato Tiro, Obor Asian Games Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal Pendamping
Pelepasan obor Asian Games dari Makassar menuju Bulukumba. (FOTO: ISTIMEWA)

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Obor Asian Games telah menuju Kabupaten Bulukumba siang ini, Sabtu (28/7/2018). Informasi yang dihimpun Rakyatku.com, obor saat ini sudah berada dalam perjalanan, tepatnya di wilayah Kabupaten Jeneponto.

Nantinya, rombongan pembawa obor akan dijemput di perbatasan Bulukumba-Bantaeng lalu menuju Islamic Center Dato Tiro Bulukumba. Ratusan kendaraan telah stand by di perbatasan Bulukumba-Bantaeng. 

Setelah serah terima, obor Asian Games akan diarak keliling Kota Bulukumba. Ada seremoni penyerahan obor dari Pemprov Sulsel kepada bupati Bulukumba yang masih dalam bentuk tinder box. Bupati AM Sukri Sappewali lalu mengambil api tersebut menggunakan obor dan menyerahkan kepada atlet pembawa obor.

Ditunggu di Islamic Center Dato Tiro, Obor Asian Games Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal Pendamping

Obor api kemudian diarak oleh pelari dari Islamic Center Dato Tiro sampai ke pertigaan SMAN 1 Bulukumba atau menempuh jarak sekitar 1,7 kilometer. 

Sebanyak 14 orang telah ditunjuk membawa obor api secara estafet. Pembawa obor terdiri dari 10 atlet Bulukumba, satu orang dari pihak sponsor (Telkomsel) dan tiga orang dari pihak INASGOC yaitu Mario Lawalata (artis), Minarti Timur (mantan pebulu tangkis nasional) dan Rosiana Tendean (mantan pebulu tangkis nasional).

Di sepanjang jalan yang akan dilalui api Asian Games, seluruh elemen masyarakat akan tumpah ruah di pinggir jalan untuk menyaksikan kirab obor Asian Games yang merupakan salah satu peristiwa langka yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bulukumba, M Ali Saleng, mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga kapal Pinisi yang akan mengantar rombongan torch relay. Pinisi akan dikawal 45 kapal lainnya yang berbobot 25 sampai 45 GT.

"Pantai Tanjung Bira menjadi pusat dari puncak acara seremoni parade torch relay Asian Games yang akan berlangsung sampai malam hari. Berbagai acara telah disiapkan untuk mengisi acara puncak tersebut, termasuk tarian adat dan kolosal. Pada acara puncak juga akan diisi pertunjukkan musik Naff," tutur Ali Saleng, Sabtu (28/7/2018).