Minggu, 12 Agustus 2018 20:58 WITA

Lorenzo Menangi Duel dengan Marquez di MotoGP Austria, Rossi Tercecer

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lorenzo Menangi Duel dengan Marquez di MotoGP Austria, Rossi Tercecer

RAKYATKU.COM - Pebalap Ducati Jorge Lorenzo berhasil menjuarai MotoGP Austria 2018 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8/2018). 

Jorge Lorenzo keluar sebagai juara setelah mengalahkan Marc Marquez dalam duel sengit. Sedangkan Andrea Dovizioso finis di posisi ketiga. Sementara itu, Movistar Yamaha Valentino Rossi harus puas finis di urutan enam.

Awalnya, Dovizioso memulai balapan cukup impresif dengan menyalip Marquez. Sementara Lorenzo terus membayangi di posisi ketiga. 

Lorenzo sukses mengambil alih posisi terdepan setelah Dovizioso dan Marquez melebar di tikungan tiga. Lorenzo menyelesaikan lap pertama sebagai pemimpin balapan disusul Marquez dan Dovizioso. 

Namun Lorenzo gagal mempertahankan posisi terdepan di lap kedua setelah disalip Marquez di tikungan ketiga. Memasuki lap kedelapan, juara bertahan MotoGP Austria itu sempat unggul 0,9 detik atas Lorenzo.

Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yang start dari posisi ke-14, berhasil melewati Aleix Espargaro di lap kesembilan untuk naik ke posisi delapan.

Pertarungan lebih sengit kemudian terjadi antara Lorenzo dan Dovizioso. Dua pebalap yang dikabarkan sedang 'perang dingin' tersebut hanya terpaut 0,1 detik memasuki paruh kedua balapan MotoGP Austria atau memasuki lap ke-14.

Menariknya, secara bersamaan Marquez justru tidak mampu menambah keunggulan meski kedua pebalap Ducati bersaing ketat. Memasuki 11 lap tersisa, Marquez hanya unggul 0,1 detik atas Lorenzo.

Lorenzo sukses melewati Marquez di tikungan pertama lap ke-19. Tapi, Marquez sukses kembali mengambil alih posisi terdepan di tikungan tiga. Menariknya, Lorenzo kembali menyalip Marquez di lap berikutnya.

Lorenzo kemudian berhasil membuka keunggulan atas Marquez hingga 0,2 detik saat balapan menyisakan enam lap. Dovizioso secara mengejutkan semakin tertinggal jauh hingga 1,2 detik dari Marquez memasuki lap ke-24. Kondisi itu membuat Lorenzo dan Marquez bersaing ketat di depan.

Tikungan tiga benar-benar menjadi area andalan Marquez. Terbukti juara bertahan MotoGP itu berhasil menyalip Lorenzo setelah calon rekan setimnya di Repsol Honda itu melakukan kesalahan di lap ke-26. Balapan menjadi menarik setelah Lorenzo kembali menyalip Marquez di tikungan sembilan.

Setelah sempat beberapa kali salip-menyalip, Lorenzo sukses mengambil alih posisi terdepan dari tangan Marquez di tikungan tiga pada lap terakhir. Juara dunia MotoGP tiga kali itu pun sukses mempertahankan keunggulan dan meraih kemenangan di MotoGP Austria.