Minggu, 19 Agustus 2018 14:12 WITA

Pengakuan Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Pengakuan Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games 2018
Xavier Edgar Marvelo. (Foto INASGOC)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Indonesia meraih medali pertamanya pada Asian Games 2018. Adalah pewushu Xavier Edgar Marvelo yang mempersembahkan medali perak.

Di final changquan di Hall B, JIEXPO Kemayoran, Minggu (19/8/2018), Marvelo bersaing dengan 16 pewushu putra lainnya. Ia mendapat nilai 9,72.

Juara dunia wushu 2010 itu hanya kalah dari atlet asal Tiongkok, Sun Peiyun, yang mengantongi nilai 9,75 dan meraih medali emas.
"Tidak nyangka ya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Selama dua tahun berlatih untuk persiapan Asian Games, puji Tuhan bisa membuahkan hasil dan saya berharap peserta Indonesia lainnya terus berjuang demi Indonesia," kata Marvelo dikutip Detik.com.

Dia juga mengaku selama persiapan di Tiongkok juga sempat mendapatkan banyak masukan dari atlet-atlet di sana. 

"Dari atlet China dan pelatih China mereka memberi masukan juga untuk kami. Kami ini bertanding sebagai musuh tapi di luar lapangan sahabat."

"Yang pasti kami latihan jauh lebih fokus. Disana lawan-lawan kami juga memberi motivasi jadi sangat luar biasa," Marvelo menambahkan. 

"Sebenarnya target pasti semua orang ingin emas tapi untuk diri sendiri lebih tidak nargetin medali tapi yang penting main yang terbaik tanpa beban," kata. 

"Yang pertama untuk orang tua keluarga terus untuk pelatih, pengurus dan teman-eman serta tidak lupa untuk seluruh warga Indonesia," tutup pewushu 19 tahun ini.