Selasa, 28 Agustus 2018 14:30 WITA

Jonatan Christie Juara, Medali Emas Pertama Sejak Taufik Hidayat

Editor: Nur Hidayat Said
Jonatan Christie Juara, Medali Emas Pertama Sejak Taufik Hidayat
Jonatan Christie. (Foto: CNN Indonesia)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Jonatan Christie mencatat sejarah usai meraih medali emas tunggal putra bulu tangkis nomor perorangan Asian Games 2018. 

Ini adalah medali emas untuk Indonesia pada Asian Games sejak Taufik Hidayat melakukannya pada 2006 lalu.

Jonatan mengalahkan Chou Tien Chen asal Taiwan lewat rubber game di Istora GBK, Selasa siang Wita (28/8/2018) siang WIB. Torehan ini sekaligus medali emas pertama Jonatan pada gelaran Asian Games.

Pertarungan ketat mewarnai laga final ini. Itupun bisa terlihat dari skor akhirnya laga ini, 21-18, 20-22, dan 21-15.

Laga sudah langsung berjalan ketat sejak awal set pertama. Kejar mengejar angka tersaji, namun Jonatan akhirnya unggul 11-8 saat interval pertama.

Setelah itu, tunggal putra Indonesia berperingkat 15 dunia itu bisa mempertahankan keunggulannya. Namun, kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Jonatan membuat Cen berhasil menyamakan skor jadi 14-14. Skor ketat kemudian kembali menghiasi jalannya laga.

loading...

Ketika skor 16-16, Jonatan berhasil bangkit dan kembali unggul. Pebulu tangkis berusia 20 tahun itu pun sukses memenangi gim pertama dengan skor 21-18, sekaligus memperpanjang asa meneruskan tren tak pernah kalah dari Chen.

Situasi ketat mewarnai awal set kedua, tetapi Chen berhasil memegang keunggulan atas Jonatan. Bahkan, pebulu tangkis asal Taiwan itu unggul jauh 7-3, dan memimpin dengan skor 11-8 di interval gim kedua.

Selepas interval, pebulu tangkis peringkat enam dunia itu terus memgang keunggulan atas Jonatan. Namun, saat perolehan poin Chen sudah 20, Jonatan berhasil menyamakan skor dan membuat gim kedua deuce. Sayangnya, momentum itu gagal dimanfaatkan karena Chen bisa memenangi gim kedua dengan skor 22-20.

Skor ketat masih menghiasi awal-awal gim ketiga, kedua tunggal ini saling susul-menyusul. Tapi, ketika skor imbang 4-4, Jonatan mampu mengambil momentum untuk unggul dan bahkan memimpin dengan skor 11-7 saat interval.

Setelah itu, tunggal Indonesia terus memegang kendali permainan dan mampu mempertahankan keunggulannya. Chen yang terlihat sudah kelelahan juga kewalahan meladeni permainan Jontanan. Pada akhirnya, Jonatan mampu memenangi gim ketiga dengan skor 21-15 dan meneruskan kedigdayaannya atas Chen.

Loading...
Loading...