Minggu, 02 September 2018 19:02 WITA

Indonesia Serahkan Tongkat Estafet Asian Games ke Tiongkok 

Editor: Eka Nugraha
Indonesia Serahkan Tongkat Estafet Asian Games ke Tiongkok 
Asian Games

RAKYATKU.COM, JAKARTA -- Asian Games 2018 telah usai. Keberhasilan penyelenggaraan Asian Games ini menjadi warisan sejarah bagi bangsa Indonesia. 

Kantor staf Presiden RI merilis jika Indonesia sudah siap untuk memberikan tongkat estafet Asian Games ke Tiongkok. Melalui rilis itu, juga disebutkan jika Asian Games ini menjadi penegasan kebangkinan Indonesia di antara negara-negara Asia. 

Di ajang olahraga terbesar di Asia ini, Indonesia menorehkan kesuksesan terbesar sepanjang sejarah. Keikutsertaannya dengan mempersembahkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 perunggu untuk bumi pertiwi. 

"Sehingga menempatkan Indonesia pada posisi empat besar," jelas rilis tersebut. 

Staf kepresiden RI juga menyebutkan jika Asian Games 2018 berhasil membangkitkan nilai persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. 

Dari perhelatan ini, Indonesia telah membuat standar tinggi. "Tidak hanya bagi tuan rumah selanjutnya, Hangzhou di Tiongkok, tetapi juga bagi Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020," jelas rilis itu. 

Dengan berakhirnya Asian Games 2018, Indonesia harus menyerahkan tongkat estafet ke Hangzhou di Tiongkok yang akan menyelenggarakan perhelatan serupa pada 2022. 

Serah terima secara resmi akan dilaksanakan pada Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Serupa dengan penghormatan yang diterima Indonesia di Upacara Penutupan Asian Games 2014 Incheon di Republik Korea, pengibaran bendera Tiongkok diiringi lagu kebangsaannya oleh OCA. 

"Ini merupakan salah satu prosesi serah terima yang akan dilakukan di Upacara Penutupan Asian Games 2018," penjelasan rilis itu.