Minggu, 02 September 2018 23:46 WITA

Berapa Kali Lagu Indonesia Dikumandangkan Selama Asian Games 2018?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Berapa Kali Lagu Indonesia Dikumandangkan Selama Asian Games 2018?
Foto/Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Asian Games 2018 resmi berakhir, pada Minggu (2/9/2018). Indonesia yang menjadi tuan rumah terbilang sukses, menyelenggaran pesta olahraga multi event terbesar se-Asia tersebut.

China keluar sebagai juara umum, dengan perolehan medali: 132 emas, 92 perak, 65 perunggu dengan total 289 medali.

Selain sukses menjadi tuan rumah, Indonesia juga sukses melampaui target, bahkan memecahkan rekor medali sejak keikutsertaannya di Asian Games India tahun 1951 lalu.

Indonesia mampu meraih 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu dengan total 98 medali, serta menjadi peraih klasemen ke-4. Ini merupakan rekor buat Indonesia, dari 18 kali pagelaran Asian Games. Seperti diketahui, pada Asian Games 2014 lalu, Indonesia hanya mampu merebut 4 emas dan berada di urutan ke-17.

Selain dari prestasi yang diraih atlet Indonesia yang berlaga di 40 cabang olahraga, ada yang menarik dari catatan Rakyatku.com.

Berapa kali lagu Indonesia Raya dikumandangkan selama Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang, serta sejumlah tempat di Jawa Barat?

Jawabannya adalah 38 kali. 31 emas yang diraih, setiap diakhir laga, selalu dikumandangkan lagu ciptaan WR Soepratman. Satu kali dinyanyikan saat pembukaan dan penutupan Asian Games. Lalu, dinyanyikan saat saat cabang Olahraga Sepak Bola dipertandingkan. Khusus cabang olahraga ini, setiap peserta memang menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum bertanding.

Indonesia sempat berlaga hingga fase 16 besar cabang olahraga sepak bola. 4 kali bertanding saat penyisihan grup, sebelum akhirnya dikalahkan Uni Emirates Arab di fase knock out babak 16 besar, dengan total 5 kali pertandingan.

Selain itu, pertandingan Asian Games 2018 sebenarnya dimulai, bukan pada saat pembukaan pada 18 Agustus-2 September. Namun, pertandingan resmi Asian Games dimulai dari cabang olahraga sepak bola, pada 10 Agustus lalu dan 14 Agustus pada cabang olahraga Bola Basket.

Lantas, berapa kali bendara Indonesia diderek selama Asian Games?

Ialah 100 kali, tidak termasuk bendera yang memang terpasang di semua venue dan lokasi Asian Games berlangsung. 98 kali bendera tersebut diderek, kala kontingen meraih medali, baik itu emas, perak atau perunggu. Dan satu kali dikibarkan saat pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Seperti diketahui, Asian Games 2018 resmi berakhir. Perhelatan olahraga 4 tahuan tersebut kembali dijadwalan akan digelar September tahun 2022 di China.