Rabu, 12 September 2018 15:09 WITA

Asian Para Games 2018

Kapolri Bawa Obor dari Rujab Gubernur Sulsel, Menhub Terima di Lapangan Karebosi

Penulis: Azwar Basir
Editor: Nur Hidayat Said
Kapolri Bawa Obor dari Rujab Gubernur Sulsel, Menhub Terima di Lapangan Karebosi
Gubernur Sulsel; Nurdin Abdullah, Kapolri; Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Ketua INAPGOC; Raja Sapta Oktohari.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kota Makassar menjadi salah satu kota yang dilewati obor Asian Para Games 2018. Api obor akan diarak keliling Kota Makassar, dimulai dari Kantor Gubernur Sulawesi Selatan hingga ke Lapangan Karebosi.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang akan membawa obor Asian Para Games keliling Kota Makassar telah tiba di rumah jabatan Gubernur Sulsel. Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menerima obor Asian Games 2018 di Lapangan Karebosi. 

Selain Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Pawai obor Asian Para Games 2018 ini juga dihadiri Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono, dan Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto. 

Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan, seluruh yang hadir dalam pawai obor Asian Para Games 2018 di Makassar merupakan pelaku dan saksi sejarah.

"Ini akan menjadi kesan yang sangat luar biasa khususnya masyarakat Sulsel. Selain itu ada sekitar 20 ribu orang turun ke jalan untuk kampanye kemanusiaan mendukung Asian Para Games," ujar Raja Sapta Oktohari. 

Katanya, Kota Makassar dipilih sebagai kota pertama dilalui obor Asian Para Games 2018 karena merupakan pusat perjuangan Indonesia timur. 

"Sehingga melalui Makassar peduli disabilitas sudah mewakili Indonesia bagian timur. Kota ini juga telah dinyatakan sebagai kota layak disabilitas," tuturnya.

Setelah dari Makassar, obor ini selanjutnya akan dibawa ke Bali lalu kemudian ke Pontianak. Setelah dari Pontianak dibawa ke Medan, lalu Pangkal Pinang, kemudian Jakarta. 

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengungkapkan kehadiran obor Asian Para Games 2018 di Makassar merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sulsel.

"Hari ini Sulsel mendapatkan sebuah kehormatan sebuah acara yang luar biasa. Asian Para Games 2018 ini kita berharap bisa membawa nama besar Indonesia. Kita juga berharap semoga ini menjadi spirit sendiri buat masyarakat Sulsel," tutupnya.