Kamis, 27 September 2018 15:28 WITA

Dovizioso Bisa Gagalkan Marquez Juara Dunia MotoGP 2018, Begini Skenarionya

Editor: Nur Hidayat Said
Dovizioso Bisa Gagalkan Marquez Juara Dunia MotoGP 2018, Begini Skenarionya
Andrea Dovizioso (kiri) dan Marc Marquez masih sama-sama punya peluang juara dunia MotoGP 2018.

RAKYATKU.COM - Marc Marquez punya peluang sangat besar meraih titel juara dunia MotoGP 2018. Biar begitu, kemungkinan gagalnya juga tetap ada.

Di papan klasemen sementara, pembalap Repsol Honda itu punya perolehan 246 poin, unggul sangat jauh dari lawan-lawannya; selisih 72 dari Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi kedua dan berjarak 87 dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

Dengan lima seri tersisa, bagaimana peluang juara Marquez? Sebaliknya, bagaimana peluang kegagalan Marquez? Berikut skenarionya. 

Hitungan matematikanya, Dovizioso masih bisa menyalip perolehan poin Marquez.

Untuk jadi juara, Dovizioso harus memenangi lima seri terakhir dan berharap Marquez kehilangan banyak poin. 

Andai Dovizioso meraih lima kemenangan, berarti poin akhirnya adalah 299. Itu juga berarti Dovizioso berharap Marquez hanya meraih 53 poin di lima seri terakhir.

Loading...

Dengan kedudukan poin sama; 299-299, Dovizioso akan unggul karena 8 kali naik podium teratas, sedangkan Marquez hanya 6 kali.

Andai skenario itu tidak berjalan, kapan Marquez mengunci gelar juara dunia? The Baby Alien 
bisa mempertahankan titelnya tanpa harus menunggu sampai seri terakhir. 

Syaratnya, ia juara pada tiga seri berikutnya: Buriram (Thailand), Motegi (Jepang), dan Phillip Island (Australia). Hitungannya, dengan tiga kemenangan itu, perolehan angkanya menjadi 321. 

Jumlah itu sudah mengurangi nilai maksimal yang bisa diraup Dovizioso. Tanpa poin pada dua seri berikutnya, Marquez tak mungkin terkejar lagi.

Loading...
Loading...