Minggu, 07 Oktober 2018 17:39 WITA

Medali Asian Para Games Bisa Keluarkan Suara Loh

Editor: Nur Hidayat Said
Medali Asian Para Games Bisa Keluarkan Suara Loh
Foto: Liputan6.com.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Indonesia berhasil meraih medali emas dan perak pada Asian Para Games 2018 melalui cabang olahraga bulu tangkis dan angkat berat, Minggu (7/10/2018).

Medali emas dipersembahkan bulu tangkis beregu putra usai mengalahkan Malaysia 2-1 di final. 

Sementara untuk medali perak diraih oleh Ni Nengah Widiasih dari angkat berat. Widi harus mengakui ketangguhan wakil Tiongkok, Zhe Chi, yang menyabet medali emas.

Bukan hanya raihan medali Indonesia yang jadi perhatian. Medali itu sendiri punya ciri khusus yang istimewa.

Dilansir Detik.com, medali itu disiapkan sejak Agustus 2017. Panitia memproduksi medali dengan desain unik, yakni menambahkan tulisan braille dan bola-bola kerincingan sebagai bentuk penghargaan optimal kepada atlet.

Kerincingan terinspirasi medali Paralimpiade Rio de Jainero 2016. Medali dilengkapi bola-bola kecil agar menimbulkan suara. Itu untuk mengakomodasi tunanetra. 

Medali terbuat dari besi solid dilapisi emas. Sementara pada bagian dalam medali terdiri atas sejumlah bola-bola kecil. 

Untuk medali emas terdiri 26 bola kecil di bagian dalam medali, sementara medali perak 22 bola kecil, dan medali perunggu 16 bola kecil. 

Selain itu, pada tampilan medali tersebut terdapat logo Asian Paralympic Committee yang dikelilingi logo Asian Para Games. Juga bertuliskan Inspiring Spirit and Energy of Asia.