Senin, 08 Oktober 2018 20:51 WITA

Tiga Syarat Marc Marquez Segel Juara Dunia di MotoGP Jepang 2018

Editor: Mulyadi Abdillah
Tiga Syarat Marc Marquez Segel Juara Dunia di MotoGP Jepang 2018
Marc Marquez

RAKYATKU.COM - Marc Marquez kini diambang juara dunia usai menang dramatis di MotoGP Thailand, pada Minggu (8/10/2018). Hasil ini membuat The Baby Alien di ambang juara dunia untuk kali kelima. 

Yah, Marquez sukses memperlebar jarak poin dengan rival utamanya, Andrea Dovizioso. Keduanya kini terpaut 77 poin dari empat balapan tersisa musim ini pasca MotoGP Thailand. 

Dengan demikian, Marquez yang kokoh memuncaki klasemen sementara cuma butuh satu balapan lagi untuk menyegel juara dunia MotoGP 2018. Balapan dua pekan ke depan akan berlangsung di Sirkuit Motegi Jepang, pada 21 Oktober. 

Ada tiga syarat pebalap Repsol Honda itu menyandang gelar juara dunia kelima kalinya di MotoGP Jepang. 

Pertama, Marquez tentu wajib menjuarai MotoGP Jepang. Syarat kedua, Marquez juga bisa memastikan gelar juara dunia tanpa kemenangan di Motegi dengan syarat finis di depan Dovizioso.

Marquez juga bisa memastikan gelar juara dunia di Jepang jika finis di belakang Dovizioso. Syaratnya Marquez harus finis di posisi enam atau lebih buruk dan Dovizioso finis tepat di depannya. Dengan begitu Marquez hanya akan kehilangan satu poin dan unggul 76 poin dengan tiga seri tersisa usai MotoGP Jepang.

Bila satu dari tiga syarat itu terjadi, maka Marquez mengulang kesuksesannya meraih gelar juara dunia di MotoGP Jepang pada musim 2014 silam. Kala itu, Marquez menyandang gelar juara dunia meski cuma finish di posisi kedua. 

Selain itu, Marc Marquez akan meraih juara dunia tiga kali berturut-turut sejak 2016. Marquez sudah merebut empat gelar juara dunia MotoGP sejak promosi pada 2013. 

Marquez hanya satu kali gagal merebut gelar juara dunia MotoGP pada musim 2015, ketika Jorge Lorenzo mengalahkan Valentino Rossi.