Selasa, 09 Oktober 2018 14:37 WITA

Kalahkan Menpora, Miftahul Jannah Putuskan Pindah Jadi Atlet Catur demi Jilbab

Editor: Abu Asyraf
Kalahkan Menpora, Miftahul Jannah Putuskan Pindah Jadi Atlet Catur demi Jilbab
Miftahul Jannah

RAKYATKU.COM - Miftahul Jannah ternyata atlet serbabisa. Tak hanya jago judo, dia juga lihai bermain catur. Buktinya, atlet tunanetra ini mampu mengalahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Miftahul Jannah diundang khusus Menpora ke rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan. Selain makan siang, Imam Nahrawi sempat menguji kemampuan Miftahul Jannah bermain catur.

Selepas makan siang, Imam berbincang dengan Miftahul. Dalam perbincangan itu, Imam mengatakan akan memindahkan Miftahul dari cabang judo ke catur setelah Asian Para Games 2018. 

Kepada Nahrawi, Miftahul menjelaskan dirinya lebih tertarik pada catur. Namun, karena di Bandung, lokasi kuliah Miftahul, tidak ada catur untuk disabilitas, dia masuk judo. 

"Karena saya merasa nyaman dengan judo, akhirnya saya ikut," kata Miftahul kepada Imam, Selasa (9/10/2018). 

Miftahul Jannah, bercerita bahwa sebenarnya sudah tahu ada peraturan dilarang menggunakan hijab. Meski begitu, Miftah tetap menggunakan hijab karena baginya itu adalah perinsip dirinya.
 
"Kalau kemarin, kan sebelumnya Miftah sudah tahu, kalau untuk judo itu nggak boleh pakai hijab. Apalagi itu udah tertera di IJF (Federasi Internasional Judo), Miftah ingin menerobos itu semua," ucap Miftah.

Miftah pun akhirnya tetap maju ke pertandingan. Dia pun akhirnya mundur setelah didiskualifikasi wasit. "Ketika sudah sampai di matras, wasit suruh buka dan Miftah tetap enggak. Miftah tetap jalani aturannya juga. Meski Miftah sedikit salahi aturannya," lanjutnya.