Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WITA

Luar Biasa... Dalam 6 Bulan, Anggota Maros Runners Ikut 6 Kali Event Maraton

Penulis: Muh. Basri
Editor: Nur Hidayat Said
Luar Biasa... Dalam 6 Bulan, Anggota Maros Runners Ikut 6 Kali Event Maraton
Adnan Amir.

RAKYATKU.COM, MAROS - Anggota komunitas lari Maros Runners, Adnan Amin, berhasil mengoleksi enam medali full marathon atau 42,195 kilometer dalam enam bulan terakhir. Padahal Adnan baru menjadi pelari dalam satu tahun terakhir.

Event maraton terbaru yang diikuti Adnan adalah Toraja Marathon 2018 yang digelar, Sabtu (20/10/2018). Mengikuti kategori full marathon atau 42,195 km Adnan berhasil finis dengan catatan waktu kurang dari 5 jam. Padahal jalur Toraja Marathon bukanlah jalur rata, tetapi 90 persen tanjakan. 

Adnan saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya mulai berlari sekitar setahun yang lalu. Dirinya mengaku diajak oleh temannya yang telah lebih dahulu menjadi pelari hobi. 
"Latihan saya kebanyakan ditrack atau jalur semitrail, latihan menanjak untuk melatihan endurance (daya tahan) saya. Biasanya saya berlatih di daerah yang banyak tanjakannya untuk melatih kekuatan kaki saya," ujarnya. 

Adnan menyebut, full marathon pertamanya dievent Palu Marathon, April lalu. Setelah itu dirinya mulai kecanduan ikut maraton dan lanjut full marathon keduanya di Makassar Marathon pada Juli lalu.

Sepekan setelah Makassar Marathon dirinya kembali menjajal full marathon di event Pocari Sweat Bandung Marathon. Selanjutnya pada Agustus lalu dirinya kembali berlari sejauh 42 km di Surabaya Marathon dan September lalu di Bali Marathon dengan kategori yang sama serta terakhir Toraja Marathon. 

Loading...

Pembina Maros Runners, AS Chaidir Syam, mengakui salah satu anggota Maros Runners Adnan Amin telah kecanduan berlari sejak setahun lalu. 

"Awalnya Adnan sama dengan kita-kita yang pelari hanya 5K (kilometer), tapi karena latihannya Adnan lebih tekun kemampuannya dalam berlari akhirnya melebihi kami, bahkan dalam enam bulan dia sudah enam kali FM (full marathon). Itu adalah pencapaian luar biasa menurut kami," ujarnya. 

Meski begitu, Chaidir tidak menyarankan untuk lari maraton tiap bulan khususnya bagi pelari hobi. "Karena sebenarnya menurut salah satu pelatih lari nasional Agung Gantar, idealnya lari full marathon dianjurkan 3 kali dalam setahun," beber Ketua DPRD Maros ini. 

Chaidir menambahkan, yang patut ditiru dari Adnan adalah semangatnya dalam berlatih sehingga memiliki capaian luar biasa dalam berlari.

Loading...
Loading...