Sabtu, 27 Oktober 2018 16:55 WITA

10 Fakta Menarik Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2018

Editor: Mulyadi Abdillah
10 Fakta Menarik Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2018
Sumber Foto: MotoGP

RAKYATKU.COM - Sesi kualifikasi MotoGP Australia sudah berakhir di Sirkuit Philips Island, Sabtu (27/10/2018). Ada 10 fakta menarik. Apa saja?

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) untuk kelima kalinya berturut-turut meraih posisi terdepan di Phillip Island. Hasil ini menyamai Casey Stoner yang melakukannya antara 2008 dan 2012 di trek ini.

2 . Ini adalah posisi pole ke-12 Honda di Phillip Island untuk kelas MotoGP sejak tahun 2002. Pada 11 posisi pole sebelumnya di lintasan ini, pebalap Honda telah menang lima kali, dua kali dengan Marquez di tahun 2015 dan tahun lalu.

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) berada di urutan kedua, menyamai hasil kualifikasi terbaiknya musim ini dari Sirkuit Amerika (ia mulai dari posisi terdepan, tetapi mengikuti penalti untuk Marquez).

4. Dengan Vinales dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) , ini adalah kali kedua tahun ini ada dua pebalap Yamaha di baris depan di grid, bersama dengan GP Italia.

5. Menuju baris kedua di grid untuk tahun kedua berturut-turut di Phillip Island adalah Andrea Iannone (Tim Suzuki Ecstar), yang merupakan hasil kualifikasi terbaiknya sejak ia juga berada di urutan keempat di Mugello awal tahun ini.

6. Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar) memiliki kualifikasi kelima di grid, menyamai hasil kualifikasi terbaiknya sejak ia melangkah ke kelas utama Grand Prix tahun lalu.

7. Sang tuan rumah, Jack Miller (Alma Pramac Racing) memulai dari urutan keenam, yang merupakan tahun ketiga berturut-turut yang ia mulai dari baris kedua di Phillip Island.

10 Fakta Menarik Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2018

8. Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) , yang telah berdiri di podium 15 kali pada 18 kunjungan kelas utama sebelumnya ke Phillip Island, dimulai dari tujuh untuk tahun kedua berturut-turut di Australia.

10 Fakta Menarik Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2018

9. Andrea Dovizioso (Tim Ducati), yang tersingkir dari balapan di Motegi pekan lalu, dimulai dari posisi kesembilan, yang merupakan hasil kualifikasi terburuknya sejak ia juga kesembilan di Valencia tahun lalu pada malam menjelang final untuk merebut gelar juara dunia.

10. Menyusul penarikan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) dari GP Australia, waktu Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech 3) sudah cukup untuk bergabung dengan Q2 secara langsung untuk pertama kalinya dalam musim rookie di kelas MotoGP. Dia berada di urutan kesepuluh, yang merupakan hasil kualifikasi terbaik untuk salah satu dari lima rookies tahun ini.