Minggu, 28 Oktober 2018 14:00 WITA

Marquez KO, Vinales Juara MotoGP Australia 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Marquez KO, Vinales Juara MotoGP Australia 2018
Maverick Vinales. (Foto: MotoGP)

RAKYATKU.COM, PHILLIP ISLANDS - Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, meraih podium pertama pada seri MotoGP Australia 2018 di Sirkuit Phillip Islands, Minggu (28/10/2018). Sementara sang juara dunia Marc Marquez KO alias gagal finis.

Pada awal-awal balapan, Danilo Petrucci sempat memimpin balapan di tikungan pertama, namun keluar jaluar pada tikungan selanjutnya. Rekan setim Petrucci di Pramac, Jack Miller, kemudian memimpin balapan.

Marquez sukses menyalip Miller pada tikungan pertama lap kedua. Namun, memasuki lap kelima, Andrea Dovizioso sukses menyalip Marquez.

Drama terjadi pada lap keenam saat Johann Zarco menabrak bagian belakang motor Marquez. Zarco terpental dan jatuh sementara Marquez terus melorot posisinya karena kerusakan di bagian belakang motornya. 

Satu lap kemudian pembalap Repsol Honda itu memutuskan untuk masuk garasi dan tidak melanjutkan balapan.

Memasuki lap kedelapan, Yamaha mendominasi balapan ketika Maverick Vinales dan Valentivo Rossi berhasil menyalip Dovizioso untuk berada di posisi satu dan dua.

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa juga dipastikan gagal finis setelah mengalami kecelakaan di tikungan keempat pada lap ke-12.

Vinales makin unggul ketika balapan memasuki ke-16 dengan berada 2,5 detik di depan Alvaro Bautista yang tampil di MotoGP Australia menggantikan Jorge Lorenzo. 

Vinales akhirnya berhasil menyelesaikan balapan dengan finis pertama, disusul Iannone dan Dovizioso. 

Ini adalah kemenangan pertama Yamaha di MotoGP 2018. Yamaha juga merebut kemenangan pertama pada MotoGP sejak 25 Juni 2017 di Belanda.