Selasa, 11 Desember 2018 22:22 WITA

BWF World Tour Finals 2018 Dimulai, Catat Jadwal Main Atlet Indonesia

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Fathul Khair Akmal
BWF World Tour Finals 2018 Dimulai, Catat Jadwal Main Atlet Indonesia
Foto: Int

RAKYATKU.COM - BWF World Tour Finals 2018 akan dimulai, pada Rabu (12/12/2018) besok, di Guangzhou, China. Ajang bergengsi ini akan berlangsung hingga 16 Desember.

BWF World Tour Finals merupakan akhir purataran Tur Dunia BWF World. Hanya ada delapan pemain/pasangan di Tur Dunia BWF dalam dari disiplin masing-masing, dengan maksimal dua pemain/pasangan yang berasal dari negara yang sama, harus bermain di final turnamen yang dikenal sebagai BWF World Tour Final. Turnamen ini akan menawarkan jumlah minimum uang hadiah sebesar USD$1,500,000.

Tercatat, ada 6 perwakilan (tunggal/pasangan) dari Indonesia yang bakal berlaga. Hanya sektor tunggal putri Indonesia tidak mendapatkan tempat dalam kejuaraan bergengsi kali ini. 

Dikutip dari situs resmi PBSI, berdasarkan hasil undian pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berada di grup A bersama pasangan Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok), Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok), serta pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

Menjadi sebuah tantangan bagi Kevin/Marcus berada dalam satu grup yang sama dengan Han/Zhou yang telah mengalahkan mereka dalam dua pertemuan terakhir.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menempati grup B bersama dua ganda Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi Lin dan Liao Min Chun/Su Ching Heng, serta pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Di nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga berada satu grup dengan dua wakil Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan dan Li Yinhui/Du Yue serta unggulan teratas asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Anthony Sinisuka Ginting menghuni grup A bersama Chou Tien Chen (Taiwan), Shi Yuqi (Tiongkok) dan Son Wan Ho (Korea). Draw ini memang tak mudah untuk Anthony, deretan unggulan sudah menunggunya dalam perebutan dua tiket ke perempat final.

Sedangkan Tommy Sugiarto satu grup dengan pemain rangking satu dunia, Kento Momota (Jepang), pemain muda Thailand, Kantaphon Wangcharoen, serta Sameer Verma dari India.

Pada sektor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja ada di grup B bersama Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok), Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) dan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Dalam BWF World Tour Finals ini, tidak menggunakan sistem gugur. Melainkan, perwakilan tiap grup akan terlebih dahulu bertanding satu sama lain. Dua pemain tunggal/pasangan terbaik di grup tersebut, akan melanju ke babak semifinal. 

Dikutip dari situs resmi BWF, laga perdana akan diawali dengan pertandingan Moh Ahsan/Hendra Setiawan vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, pada pukul 11.00 am waktu setempat.

Jadwal BWF World Tour Finals 2018, Cek di Sini

Loading...
Loading...

Berita Terkait