Minggu, 17 Juli 2016 21:50 WITA

Valentino Rossi Kalah Strategi, Marquez Juara MotoGP Jerman

Editor: Jumardin Akas
Valentino Rossi Kalah Strategi, Marquez Juara MotoGP Jerman

RAKYATKU.COM - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mampu menjuarai MotoGP Jerman setelah tampil dengan strategi jitu yakni mengganti ban lebih dini. 

Di awal balapan, Marquez hanya mampu bersaing di posisi keenam. Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso memimpin race sejak start awal.

Petruchi mampu terdepan di sisa lap 20 lap balapan. Namun, insiden jatuh membuat kerusakan teknikal pada mesin motornya yang mengharuskan ia masuk pit lebih dini. 

Di lap yang sama, Marquez sempat keluar lintasa lantaran tak mampu menguasai motornya. Inisiden ini membuat Marquez turun dari posisi enam ke posisi sembilan.

Lintasan yang mulai mengering membuat Iannone sebagai pembalap paling awal masuk pit dan mengganti motor di sisa 17 lap balapan. Iannone memilih menggunakan ban intermediet. Marquez baru masuk ke pit di 13 lap tersisa setelah berada di urutan ke 9.

Marquez harus merelakan turun ke posisi 13 setelah keluar dari pit usai mengganti tunggangannya. Namun, strategi ganti motor itu justru membawa Marquez terus meroket hingga balapan usai.

Loading...

Rossi yang diminta masuk di 9 lap tersisa terlihat memilih melanjutkan balapan. Hal ini membuat tim Yamaha terlihat cukup kecewa dengan sikap keras The Doctor.

Rossi baru memutuskan masuk ke pit pada 7 lap tersisa. Namun langkah ini sia-sia. Sebab, Marquez sudah melejit ke posisi kedua di belakang Jack Miller. Keterlambatan Valentino Rossi masuk ke pit dan mengganti motor menjadi penyebab kekalahan di seri MotoGP Jerman. 

Rossi memilih menunggu empat pembalap terdepan untuk masuk ke pit. 

Usai keluar dari pit, Rossi hanya berada di posisi ketujuh. Namun, Marquez yang lebih dini mengganti motor tak lagi mampu terkejar. Maruez pun keluar sebagai juara setelah menyalip Jack Miller di enam lap tersisa.

Strategi masuk pit lebih dini membuat Marquez mampu dengan meyakinkan menjuarai MotoGP Jerman 2016. 

Loading...
Loading...