Sabtu, 23 Februari 2019 07:00 WITA

Venue MotoGP 2021, Seperti Apa Sirkuit Jalan Raya Mandalika?

Editor: Nur Hidayat Said
Venue MotoGP 2021, Seperti Apa Sirkuit Jalan Raya Mandalika?
Foto: Ultimate Motorcycling.

RAKYATKU.COM - Sirkuit Mandalika akan menjadi venue gelaran MotoGP di Indonesia pada 2021. Sudah dikonsepkan akan jadi sirkuit jalan raya, seperti apa?

Indonesia disebut sudah tanda tangan kesepakatan dengan Dorna Sport SL untuk menggelar MotoGP per musim 2021 hingga 2023. Itu dikonfirmasi Direktur Utama Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbad M Mansoer. 

Abdulbar menjelaskan, lokasi yang akan dipakai adalah Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini berkonsep street race circuit atau sirkuit jalan raya seperti di Singapura atau Monaco untuk Grand Prix Formula 1.

Dikutip CNN Indonesia, ITDC akan bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projets, perusahaan infrastruktur global asal Prancis untuk membangun sirkuit di Mandalika. Sirkuit mulai akan dibangun pada Oktober 2019.

"Pada kuartal ketiga tahun ini, kami akan mulai membangun sirkuit di sana. Pembangunan sirkuit membutuhkan waktu selama setahun," ungkap Abdulbar.

Loading...

"Kami hanya membangun jalan dasar dan kawasan, sedangkan Street Circuit, Paddock dan perangkat balap lainnya oleh Vinci sebagai co-investor. Kami sudah mendapat dukungan Kementrian Olah Raga dan Kementrian Pariwisata dalam rangka mempromosikan Mandalika sebagai salah satu dari 10 Bali Baru," bebernya.

Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit itu akan punya 18 tikungan dengan desainnya sudah disetujui Dorna Sport SL. Membangun sirkuit itu disebut butuh dana sekitar 40-50 juta dolar Amerika Serikat.

"Untuk membangun sirkuit ini membutuhkan sekitar 40-50 juta dolar (sekitar Rp562-703 miliar) oleh investor kami. Setelah sirkuit selesai dibangun, akan ada rangkaian trial run oleh Dorna atau event lain untuk uji coba sirkuit."

Loading...
Loading...