24 July 2016 16:03 WITA

Petinju Des Rea Meninggal di Usia 72 Tahun

Editor: Suriawati
Petinju Des Rea Meninggal di Usia 72 Tahun
Des Rea

RAKYATKU.COM - Mantan juara tinju kelas ringan British, Des Rea meninggal dunia pada usia 72 tahun.

Dalam sebuah pernyataan, keluarganya mengatakan, "Dengan penyesalan terbesar dan kesedihan, kami mengumumkan kepergian Des Rea."

"Untuk para penggemarnya ia adalah juara besar yang mengalahkan Vic Andreetti pada tahun 1968 untuk menjadi pemegang pertama dari Belt Lonsdale bagi para pejuang kelas welter ringan."

"Tapi bagi kami dia adalah seorang juara dalam kehidupan pribadinya, sebagai ayah yang hebat, anak, saudara dan paman. The British Isles telah kehilangan juara sejati."

Petinju kelahiran Belfast, yang dibesarkan di Liverpool ini menjadi orang pertama yang memenangkan Lonsdale Belt ketika ia mengalahkan Vic Andreetti pada tahun 1968. Ia juga bertarung untuk gelar Eropa.

Namun, gelar juara dunia gagal diperoleh Rea dalam lima putaran melawan Jose Napoles dalam pertarungan eliminasi. Meskipun mengalami kekalahan di Amerika, ia menerima £3.500, cek gaji terbesar dalam karirnya.

Setelah kekalahan itu, dia naik ke kelas welter dan memenangkan gelar Irlandia pada tahun 1970. Dia pensiun pada tahun 1974 dengan rekor 28 kali menang, 36 kali kalah dan lima kali seri.

Beberapa tahun kemudian Rea mengatakan, "Saya memiliki 69 pertarungan dan kehilangan banyak, tapi itu karena saya pergi di seluruh dunia di mana malaikat takut untuk melangkah."