Selasa, 02 Agustus 2016 12:43 WITA

Stoner Khawatir Tragedi Luis Salom Terulang di MotoGP Austria

Editor: Mulyadi Abdillah
Stoner Khawatir Tragedi Luis Salom Terulang di MotoGP Austria
Casey Stoner (Foto:MCN)

RAKYATKU.COM - Casey Stoner meragukan tingkat keamanan di Sirkuit Red Bull Ring, MotoGP Austria yang berlangsung pada 12-14 Agustus mendatang. 

Dikatakan, beberapa fitur lintasan sangat berbahaya. Salah satunya pergantian kerikil menjadi aspal run-off di luar lintasan. 

Keberadaan aspal ini dinilai mengingatkan kembali kepada publik pasca kematian tragis Luis Salom di Sirkuit Catalunya dengan menabrak dinding lintasan dalam kecepatan tinggi. 

"Saya khawatir tentang (aspal) run-off. Bayangkan apa yang akan terjadi jika hujan. Seorang pengendara yang crash tidak akan memperlambat, justru sebaliknya. Run-off tidak akan memperlambat pengendara," ucap Casey Stoner dikutip dari MCN, Selasa (2/8/2016).

Baca Juga

"Aspal run-off berbahaya. Seperti kecelakaan Luis Salom di Montmelo. Mereka yang mengatakan bahwa itu sebenarnya ukuran keamanan, saya katakan tidak. Itu hanya menguntungkan mereka yang ingin rem terlambat mungkin dan kemudian pergi lebar. Hal ini hanya bertujuan untuk menyenangkan mereka, itu tidak ada hubungannya dengan keselamatan," tegasnya.

Stoner juga membuat status di Twitter usai melakoni tes di Sirkuit Red Bull Ring dua pekan lalu. 

"Tidak banyak limpasan (aliran air yang terkumpul pada suatu titik tertentu) jika Anda crash pada kecepatan 340 + km,  terutama jika trek basah. Itu hanya pendapat saya," tulisnya.

Diketahui, Casey Stoner menuntaskan sesi uji coba selama dua hari di Sirkuit Red Bull Ring. Pada hari pertama, Stoner berada di posisi 4 dengan kecepatan 1 menit 24.502 detik. Pada hari kedua, Stoner memperbaiki catatan waktunya dan merangsek naik ke posisi 3. 

"Sirkuit itu memiliki beberapa bagian yang bagus, tapi itu agak aneh untuk motor  karena beberapa tikungan tidak mengalir dengan baik bersama-sama, yang membuatnya agak sulit," demikian Stoner.

Loading...
Loading...