Senin, 08 Agustus 2016 16:44 WITA

Menanti Kejutan di MotoGP Austria

Editor: Mulyadi Abdillah
Menanti Kejutan di MotoGP Austria
Sirkuit Red Bull Ring (Foto:MotoGP)

RAKYATKU.COM - Liburan musim panas MotoGP 2016 telah berakhir dan saatnya menyongsong balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria yang berlangsung pada akhir pekan ini.

Seri kesepuluh MotoGP ini diprediksi penuh dengan kejutan. Maklum sirkuit Red Bull Ring absen dari ajang kejuaraan MotoGP sejak tahun 1997.

Valentino Rossi dan Jack Miller adalah dua pebalap di kelas utama yang pernah merasakan sirkuit ini. Rossi kala itu masih di GP125 (1996-1997). Sementara Miller menjajalnya saat masih di Kejuaraan Nasional Jerman (IDM) 125cc pada 2011 lalu.

Meski Rossi pernah menjajal sirkuit ini, Miller lebih 'beruntung' karena turun saat trek sudah memilik layout yang baru. 

Menanti Kejutan di MotoGP Austria

Pada dasarnya, hampir setiap pebalap musim ini sudah menjalani uji coba di Sirkuit Red Bull Ring pada bulan lalu. Hasilnya, Ducati mendominasi pada uji coba yang berlangsung selama dua hari itu.

Baca Juga: 

Loading...

Sementara Rossi mampu memperbaiki catatan waktunya dari posisi 9 (uji coba pertama) menjadi posisi 5 pada uji coba kedua. Marc Marquez  dan Dani Pedrosa absen pada uji coba ini karena sebelumnya sudah menjajal sirkuit tersebut pada bulan Juni 2016.

Masih sulit memprediksi peluang Marquez di Sirkuit Red Bull Ring. Meski begitu, Marquez akan balapan tanpa beban menyusul poin pemimpin klasemen sementara itu cukup terpaut jauh dengan Jorge Lorenzo yang berada di posisi dua. 

Menanti Kejutan di MotoGP Austria

Marquez yang unggul 48 poin dari Jorge Lorenzo tetap memimpin klasemen sementara jika gagal naik podium di MotoGP Austria.

Bagaimana dengan peluang Lorenzo dan Rossi? Kedua pebalap Yamaha Movistar ini harus berjuang keras naik podium demi menjaga asa meraih gelar juara dunia.

Namun, kegagalan Rossi dan Lorenzo pada MotoGP Assen dan Jerman (tak masuk lima besar) menjadi catatan buruk Yamaha sejak akhir 2007. Akankah Marquez, Lorenzo dan Rossi saling salip menyalip di Sirkuit Red Bull Ring? Kita tunggu saja pada 14 Agustus mendatang.

Loading...
Loading...