Kamis, 14 November 2019 23:32 WITA

Jorge Lorenzo Resmi Pensiun dari MotoGP, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jorge Lorenzo Resmi Pensiun dari MotoGP, Ini Alasannya
Jorge Lorenzo. Ist

RAKYATKU.COM - Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP setelah menjalani musim terburuk lantaran diterpa serangkaian cedera.

Kepastian tersebut didapat usai konferensi pers darurat Lorenzo di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB.

"Saya selalu berpikir ada empat hari signifikan dalam hidup pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, gelar juara dunia pertama, dan kemudian hari di mana anda pensiun," kata Lorenzo, seperti dilansir Crash.

"Seperti yang anda semua pikirkan, saya di sini untuk mengumumkan harinya sudah tiba bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP," sambungnya.

Cedera tulang punggung di MotoGP Jerman pada 7 Juli membuat performanya terus menurun. Jangankan naik podium, ia bahkan tak pernah menembus posisi 10 besar dari 18 seri.

"Saya pertama kali berpikir tentang pensiun setelah cedera di Assen (Belanda), lalu membuat keputusan akhir setelah Malaysia," ungkapnya.

Loading...

Pada musim ini, Lorenzon hanya menempati posisi ke-19 MotoGP 2019 dengan satu seri tersisa.

Dari 18 seri yang telah bergulir, Lorenzo hanya mengoleksi 25 poin dengan satu seri balapan tersisa di MotoGP 2019.  Jika berhasil menang di seri pamungkas MotoGP 2019, koleksi poin Lorenzo baru menyentuh angka 50.

Perolehan poin tersebut akan menjadi pencapaian terburuk Lorenzo di MotoGP. Ia tercatat tak pernah gagal meraih kurang dari 100 poin sejak debut pada 2008 silam.

Sepanjang kariernya, Lorenzo sudah mengoleksi lima gelar juara dunia. Dua kali menjadi juara kelas 250cc (2006 dan 2007) dan tiga kali MotoGP (2010, 2012, dan 2015).

Loading...
Loading...