Minggu, 17 November 2019 21:59 WITA

Marc Marquez Juarai MotoGP 2019 Valencia

Editor: Fathul Khair Akmal
Marc Marquez Juarai MotoGP 2019 Valencia
Twitter @MotoGP

RAKATKU.COM - Juara dunia Marquez memenangkan final musim MotoGP Valencia tahun 2019, yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (17/11/2019). Marquez memberikan Repsol Honda gelar dunia triple crown untuk HRC.

Dia pun menyelesaikan balapan yang berlangsung selama 27 putaran itu di urutan terdepan dengan catatan waktu 41 menit 21,468 detik, disusul rival terdekatnya yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Pramac Racing).

Melengkapi posisi 5 besar ada Andrea Dovizioso (Ducati) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang secara berurutan finis di posisi keempat dan kelima.

Dengan kemenangan tersebut, Marc Marquez berhasil mempersembahkan gelar juara kategori tim untuk melengkapi raihan triple crown Repsol Honda pada musim ini.

Saat bendera start dikibarkan pembalap tim Pramac Racing, Jack Miller langsung mengambil alih posisi terdepan dari tangan Fabio Quartararo.

Tak berselang lama, Fabio Quartararo kembali berhasil mengambil posisinya hingga balapan memasuki putaran kedua.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, tak ingin ketinggalan untuk memeriahkan balapan terakhir MotoGP 2019 usai berhasil merangsek masuk ke posisi lima besar.

Balapan menyisakan 23 putaran, Fabio Quartararo dan Marc Marquez mulai menciptakan gap dengan para pesaingnya di belakang mereka.

Sementara, Andrea Dovizioso yang melesat bersama motor Desmosedici GP19 berhasil mengambil alih posisi Alex Rins dengan berada di urutan keempat.

Balapan menyisakan 20 putaran, Marc Marquez berhasil melakukan manuver untuk merebut posisi Fabio Quartararo tatkala melintasi tikungan 11.

Di sisi lain, pembalap wildcard Ducati, Michele Pirro harus mengakhiri balapan lebih awal setelah mengalami crash.

Marc Marquez berupaya keras untuk bisa mempertahankan posisinya, guna membawa Repsol Honda meraih triple crown pada musim ini.

Loading...

Memasuki putaran ke-11, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, juga mengalami kesialan setelah mengalami low side crash di tikungan 1.

Insiden kembali terjadi pada saat balapan memasuki putaran ke-14 di mana tiga pembalap sekaligus, Danilo Petrucci, Johann Zarco, dan Iker Lecuona harus mengakhri balapan lebih awal.

Dengan kondisi tersebut, Johann Zarco yang sempat disambar oleh Lecuona langsung dibawa ke medical center untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Balapan sudah berlangsung selama 19 putaran, Marc Marquez mampu unggul 1 detik dari Fabio Quartararo yang berada di urutan kedua.

Sementara rekan satu tim Quartararo, Franco Morbidelli mengalami crash takala melintasi tikungan 4 sirkuit Ricardo Tormo.

Andrea Dovizioso belum mampu melewati hadangan Jack Miller untuk merebut posisi ketiga hingga balapan memasuki tujuh putaran terakhir.

Lima putaran terakhir, Marc Marquez semakin menjauh dari kejaran Fabio Quartararo yang berada di urutan kedua dengan unggul 1,6 detik, dilansir dari bolasport.com.

Adapu pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sedang berupaya keras untuk merebut posisi ketujuh dari tangan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar.

Hingga bendera finis berkibar, tak ada perubahan berarti pada posisi tiga pembalap tercepat, di mana Marc Marquez sukses meraih kemenangan ke-12 sepanjang musim ini.

Disusul oleh Fabio Quartarao diurutan ketiga dan Jack Miller yang mampu merebut podium terakhir.

Tags
Loading...
Loading...