Jumat, 29 November 2019 07:30 WITA

"Emas Apa Kuningan?" Netizen Komentari Penampakan Medali SEA Games 2019

Editor: Fathul Khair Akmal
Instagram: aseanfutbol

RAKYATKU.COM - Medali untuk pesta olahraga SEA Games 2019 Filpina, telah diperkenalkan sejak pertengahan tahun lalu. Perkenalan medali untuk para juara masing-masing cabang olahraga (cabor), berbarengan dengan seremoni peluncuran obor dan seragam resmi, yang digelar di Manila, pada medio Juli 2019 lalu.

Baru-baru ini, desain dan penampakan medali SEA Games 2019 kembali menarik perhatian. Para pengguna internet alias netizen ramai-ramai mengomentari model medali, yang akan diberikan pada para atlet di SEA Games tahun ini.

Netizen mengomentari penampaka medali SEA Games 2019, setelah akun Instagram bernama @aseanfutbol mengunggah foto medali emas, perak, dan perunggu. Beberapa warganet mempertanyakan bahan yang digunakan untuk membuat medali tersebut.

Pemilik akun Instagram @elnazumboh mempertanyakan apakah medali itu terbuat dari emas murni. Komentar kocak lainnya datang dari pemilik akun @arsofc.id yang menanyakan medali itu terbuat dari emas atau kuningan, dikutip dari indosport.com.

View this post on Instagram

How SEA Games 2019 medals look The design of the gold, silver and bronze medals to be handed out to the respective winners of competitions at the event has been unveiled, and they look beautiful to say the least. The medals have been designed by Filipino artist-sculptor Daniel dela Cruz, and he has tried to incorporate a bit of Philippines in all the medals’ designs.

A post shared by Asean Futbol ? (@aseanfutbol) on

Loading...

Terlepas dari komentar netizen yang beragam, medali SEA Games 2019 sendiri dibuat dengan sentuhan budaya Filipina yang teramat kental. Medali tersebut dibuat oleh pematung logam terkenal bernama Daniel dela Cruz.

Selain menjadi orang yang mendesain medali, Daniel dela Cruz juga dipercaya mendesain obor resmi SEA Games 2019.

Pada sisi depan medali, terdapat gambar perahu tradisional Filipina yang disebut ‘layang’. Sementara gambar ombak dan lautan menggambarkan kepulauan yang berada di wilayah negara Filipina.

Khusus medali emas dibuat dengan bahan berlapis emas 24 karat. Sementara bagian ombak di sisi depan dibuat dari bahan rhodium.

Loading...
Loading...