Rabu, 08 Januari 2020 02:30 WITA

Capirossi: Motor Honda RC213V Jadi Kelemahan Marquez

Editor: Nur Hidayat Said
Capirossi: Motor Honda RC213V Jadi Kelemahan Marquez
Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

RAKYATKU.COM - Motor Honda RC213V berjasa mengantar Marc Marquez menyabet gelar juara dunia MotoGP enam kali sejak 2013. 

Namun, menurut Loris Capirossi, motor itu sekaligus jadi kelemahan utama The Baby Alien sepanjang musim lalu.

Marquez musim lalu mencatat performa oke. Pembalap berusia 26 tahun itu tidak pernah finis di luar dua besar pada 18 dari 19 seri dengan 12 kemenangan. 

Sementara satu seri tersisa, yakni GP Amerika Serikat (AS), gagal diselesaikan karena terjatuh. Sekilas prestasi itu mampu dicapai berkat kemampuan motor RC213V yang tidak kalah hebat. 

Namun, Capirossi menilai kuda besi andalan Honda itu justru menjadi titik lemah utama. Itu karena tidak ada pembalap pemacu motor Honda selain Marquez yang bisa menang atau konsisten naik podium.

loading...

“Satu-satunya titik lemah Marquez adalah motornya. Tentu saja akan menarik melihat bagaimana tim mengembangkan motor mereka musim depan. Sebab, jika kita analisa musim lalu, kita tidak melihat adanya pembalap Honda yang memenangi balapan selain Marquez,” urai Loris Capirossi, melansir Corse di Moto, Selasa (7/1/2020).

“(Jorge) Lorenzo adalah juara dunia yang hebat, sementara situasi (Cal) Crutchlow cukup aneh. Di beberapa trek, Crutchlow bisa kompetitif, sedangkan lainnya tidak. Sekali lagi, kelemahan Marquez saat ini adalah motor Honda,” kata pria berkebangsaan Italia itu.

RC213V memang dikeluhkan oleh penggunanya, termasuk Marquez, karena sangat lemah di bagian depan. 

Selain itu, akibat pengembangan motor edisi 2019 yang mengutamakan tenaga besar serta kecepatan puncak, di beberapa trek motor lincah saat menikung.

Loading...
Loading...