Jumat, 28 Oktober 2016 10:17 WITA

MotoGP Malaysia: Pembalap Kritik Tikungan Baru Sepang

Editor: Jumardin Akas
MotoGP Malaysia: Pembalap Kritik Tikungan Baru Sepang

RAKYATKU.COM - Sejumlah pembalap MotoGP mengaku terkejut pada sebuah tikungan yang dinilai cukup radikal di Sepang International Circuit, tempat MotoGP Malaysia akhir pekan ini. 

Pihak Sepang memang melakukan banyak perubahan di sirkuit. Tapi tikungan ke 15 menjadi pusat perhatian dari sembilan bagian yang direnovasi.

Perubahan tersebut membuat pengendara mengeluh lantaran dinilai sangat sulit dan rawan. "Saya mencoba trek dan pedal saya menyentuh aspal," kata pembalap Suzuki, Aleix Espargaro. 

"Perubahan ini sangat berat. Bagi saya tidak perlu untuk membuat perubahan seperti ini. Risiko untuk kecelakaan sangat-sangat tinggi. Aku belum pernah melihat sudut seperti ini," kata  Espargaro dilansir Crash.net.

MotoGP Malaysia: Pembalap Kritik Tikungan Baru SepangTikungan baru berwarna merah, aspal tikungan lama berwarna hijau

Loading...

Menurutnya, ini akan menjadi tantangan berat bagi ban depan Michelin. "Perubahan ini begitu besar. Kami tidak memiliki tikungan seperti ini di semua musim," katanya. 

Pihak sirkuit memang melakukan perubahan ekstrem. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya air ke sirkuit di musim hujan. 

"Jadi untuk menghapus air kami telah membuat perubahan besar. Sekarang ada perbedaan ketinggian 1 m dari pinggir jalan lama dibandingkan dengan trotoar baru. Dan untuk membuatnya lebih menarik dan menantang bagi pengendara, seluruh sudut juga naik mengarah keluar dari tikungan, seperti akan menanjak," kata sebuah pernyataan dari pihak Sirkuit Sepang.

Loading...
Loading...