Sabtu, 29 Oktober 2016 23:00 WITA

Jazilul Fawaid: Jadikan Piala Menpora Kebangkitan Sambo Indonesia 

Editor: Vkar Sammana
Jazilul Fawaid: Jadikan Piala Menpora Kebangkitan Sambo Indonesia 
Ketua Umum PP Persambi, Jazilul Fawaid didampingi Kresna Bayu (baju merah)

RAKYATKU.COM, JAKARTA -Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi), Jazilul Fawaid meminta seluruh atlet sambo Indonesia tampil maksimal pada Kejuaraan Nasional Sambo Piala Menpora yang digelar di GOR Lokasari, 29-30 Oktober 2016. Apalagi, kejurnas yang pertama kali digelar ini akan dijadikan ajang seleksi bagi atlet yang bakal diterjunkan pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018. 

"Jadikan kejurnas Sambo Piala Menpora ini sebagai awal kebangkitan Sambo Indonesia menuju kejayaan pada saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018," kata Jazilul Fawaid yang secara resmi membuka kejuarnas, Sabtu (29/10/2016). 

Dalam meningkatkan prestasi sambo Indonesia ke ajang internasional, kata Jazilul yang juga anggota Komisi III DPR-RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PB Persambi akan menggelar kejuaraan tingkat daerah. "Kita akan menggelar kejuaraan sambo di daerah untuk melihat potensi yang ada," katanya. 

Kejurnas Sambo yang dihadiri Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Ahmad Soetjipto ini diikuti 156 atlet sambo dari 15 daerah ditambah 2 dari Singapura. Ke-15 daerah tersebut adalah Aceh, Bali, Bengkulu, Banten, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Utara. 

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Sambo Piala Menpora I, Kresna Bayu mengatakan dari hasil kejurnas akan dijaring 15 atlet sambo terbaik yang akan diterjunkan pada pada Kejuaraan Dunia Sambo (World Sambo Championships) di Bulgari, 10-15 Nopember 2016.

Loading...

Pengiriman 15 atlet terbaik tersebut, kata Kresna Bayu yang juga mantan pejudo nasional, merupakan rangkaian persiapan Asian Games 2018. "Potensi atlet Sambo Indonesia mengukir prestasi di ajang Asian Games 2018 cukup besar karena olahraga Sambo telah berkembang di Indonesia 10 tahun lalu," katanya.  

Kejurnas Sambo akan menampilkan 5 kelas putra untuk nomor Combat, 5 kelas putra dan 5 kelas putri untuk nomor Sport. Ada yang menarik dalam Kejunas Sambo karena atlet berbagai disiplin ilmu beladiri diberikan kesempatan tampil. 

"Atlet yang memiliki basicnya dari judo, gulat, karate dan pencak silat dan lain-lain boleh tampil. Pada prinsipnya, Sambo yang berasal dari Rusia itu kan olahraga beladiri dimana nomor Combatnya mengandalkan bantingan, tendangan, pukulan, kuncian dan patahan sendi kaki dan tangan," katanya.

Loading...
Loading...