Jumat, 04 November 2016 21:58 WITA

Tour de Makassar Internasional, 12 Negara Bersaing dalam Balap Sepeda

Penulis: M. Srahlin Rifaid
Editor: Andi Chaerul Fadli
Tour de Makassar Internasional, 12 Negara Bersaing dalam Balap Sepeda

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekitar 12 negara akan meramaikan kejuaraan Tour de Makassar Internasional yang dilaksanakan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulawesi Selatan, 11-13 November 2016.

Kedua belas negara tersebut adalah Vietnam, Thailand, Rusia, France, Kingdom Saudi Arabia, Indonesia, Sri Lanka, Afganistan, dan Malaysia. Selain itu, ada Neterland, Spanyol, dan Germany.

Ketua Pelaksana Tour de Makassar 2016, Chandra Samad Djania mengatakan, kompetisi yang even pertama dilakukan ISSI Sulsel ini adalah even yang dimandatkan PB ISSI. "Event ini merupakan kompetisi perdana yang berskala internasional di Sulawesi Selatan," tambahnya, Jumat (4/11/2016).

Menurutnya, kegiatan itu dihelat sebagai bentuk kecintaan warga Makassar di sektor olahraga. "Ini hal yang membanggakan karena untuk pertama kalinya di Makassar kami mengundang pembalap Internasional dari berbagai belahan dunia," jelasnya.

Kegiatan itu juga, kata dia, digelar untuk mengenalkan potensi wisata di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar. "Karena peserta nantinya mengitari beberapa rute di daerah di Sulsel dengan bersepeda," kata Chandra.

Loading...

Ketua Pengprov ISSI Sulsel, Hoits Bahtiar mengatakan, ini even pertama yang dilaksanakan oleh ISSI Sulsel setelah terakhir di laksanakan pada tahun 2003 lalu. "Kita senang karena dipercaya oleh PB ISSI untuk kita," katanya.

Tour de Makassar tahun 2016 akan menggunakan tiga etape dengan total jarak 513,5 kilometer. Etape pertama, star dari Makassar menuju Bone. Kedua, melintasi Bone-Parepare. Etape ketiga, Parepare kembali ke Makassar. 

Para peserta akan memerebutkan hadiah adalah USD 30.000 atau sekitar Rp400 juta. "Kita berharap ini bisa menjadi awal kebangkitan kita nantinya," katanya. 

Loading...
Loading...