20 December 2016 12:31 WITA

Pertama Kalinya, Jumlah Kecelakaan MotoGP Tembus Angka Seribu

Editor: Mulyadi Abdillah
Pertama Kalinya, Jumlah Kecelakaan MotoGP Tembus Angka Seribu
Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Jumlah kecelakaan MotoGP sepanjang tahun 2016 naik drastis jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Angka kecelakaan dalam tiga kelas tersebut menembus 1.062 insiden dari 18 seri kejuaraaan. 

Ini kali pertama insiden kecelakaan menembus angka seribu di tiga kelas yakni MotoGP, Moto2 dan Moto3. Pada tahun lalu, jumlah kecelakaan sebanyak 976 insiden.

Dikutip dari situs MotoGP, jumlah crash di kelas utama (MotoGP) sebanyak 288 insiden (latihan bebas hingga kejuaraan). Jika dirata-ratakan, ada 16 kali insiden setiap seri kejuaraan.

Angka ini mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun 2015 dengan rata-rata 12 insiden per balapan. Dari angka 288 jumlah kecelakaan itu, ada 81 kali crash saat balapan. 

Untuk kelas Moto2, ada 364 insiden sepanjang tahun 2016. Rata-rata 20 insiden per seri kejuaraan. Sementara untuk kelas Moto3 mencapai 410 insiden dengan rata-rata 23 crash di setiap GP.

Siapa yang paling sering kecelakaan di semua kelas? Adalah Sam Lowes (pembalap Moto2) yang sering mengalami crash yakni 30 kali. Lalu disusul Gabriel Rodrigo (pembalap Moto3) yakni sebanyak 27 kali. 

Dan posisi ketiga ditempati Cal Crutchlow (pembalap MotoGP) yakni 26 kali.

Paling mengejutkan adalah pembalap Honda Repsol, Marc Marquez. Meski jatuh sebanyak 17 kali (Seri Qatar hingga Australia), The Baby Alien mampu meraih gelar juara dunia. 

Marquez cuma jatuh tiga kali selama balapan, yakni di Le Mans dan Sepang serta Phillip Island usai menyegel gelar juara dunia.