03 January 2017 17:31 WITA

Tujuh Alasan MotoGP 2017 Diprediksi Lebih Seru

Editor: Mulyadi Abdillah
Tujuh Alasan MotoGP 2017 Diprediksi Lebih Seru
Foto: Crash

RAKYATKU.COM - MotoGP 2016 menciptakan rekor baru. Pertama kali dalam sejarah, ada sembilan pembalap berbeda yang memenangi balapan dalam satu musim kompetisi.

Banyak pihak menyebut MotoGP 2016 memang lebih ketat ketimbang balapan tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada anggapan MotoGP 2017 akan lebih seru ketimbang 2016. 

Dilansir situs MotoGP, ada tujuh alasannya. Berikut daftarnya:

Lorenzo di Ducati

2016 adalah tahun kebangkitan bagi tim Ducati. Memenangkan dua balapan pertama mereka sejak 2010. Sekarang, sang juara dunia lima kali dunia Jorge Lorenzo sudah bergabung ke Ducati. Lorenzo berduet dengan Andrea Dovizioso. 

Keduanya tentu diharapkan mampu membawa Ducati meraih juara dunia seperti Casey Stoner pada 2007 lalu. 

Duet Vinales-Rossi

Maverick Vinales tampil menakjubkan pada sesi pramusim pertama di Sirkuit Valencia bersama Movistar Yamaha. Juara dunia Moto3 tahun 2013 itu menjadi pebalap tercepat mengalahkan juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez. 

Yah, Vinales kini bermitra dengan juara dunia 9 kali Valentino Rossi. Kombinasi ini memunculkan prediksi, Vinales bisa meraih mahkota pertama MotoGP ataukah Rossi meraih gelar juara dunia kesepuluh.

Produsen KTM

Ada satu produsen baru di MotoGP 2017, yakni KTM. Motor ini ditunggangi Bradley Smith dan Pol Espargaro. KTM masih terus melakukan pengujian 
menarik untuk ditonton pada musim ini.

Pembuktian Iannone

Kedatangan Andrea Iannone ke Suzuki akan menarik. Tersingkir dari Ducati, menjadi tantangan bagi Iannone untuk meneruskan keberhasilan Vinales menjuarai MotoGP Silverstone 2016. Itu adalah kemenangan pertama Suzuki sejak 2007. 

Diketahui, Iannone sukses membawa Ducati bangkit dari keterpurukan sejak 2010 dengan menjuarai MotoGP Austria 2016.

Selamat Tinggal Winglet

Tak ada lagi penggunaan winglet pada MotoGP 2017. Ini menjadi tantangan baru bagi tim yang mengandalkan sayap dalam hal kecepatan, khususnya Ducati. 

Empat Wajah Baru

Ada empat wajah baru di MotoGP 2017. Mereka adalah juara Moto2 Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Sam Lowes (Aprilia Racing Team Gresini). 

Pada sesi pramusim, Lowes dan Rins mengalami kesulitan dan sempat crash. Berbeda dengan Zarco dan Folger yang tembus pada papan tengah. 

Ancaman Tim Independen

Sebelum tahun 2016, Toni Elias adalah pebalap dari tim independen yang menjuarai MotoGP Estoril pada tahun 2006. 

Prestasi itu dilanjutkan Jack Miller di Assen dan disusul Cal Crutchlow di Brno dan Phillip Island. Akankah masih terjadi di MotoGP 2017?