01 February 2017 22:46 WITA

Wow.. 5.000 Medali Olimpiade Tokyo Akan Dibuat dari Barang Bekas

Editor: Jumardin Akas
Wow.. 5.000 Medali Olimpiade Tokyo Akan Dibuat dari Barang Bekas

RAKYATKU.COM - Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 akan membutuhkan sebanyak dua ton emas, perak dan perunggu untuk membuat 5.000 medali Olimpiade.

Masyarakat Jepang diminta untuk menyumbangkan ponsel lama dan peralatan kecil untuk dibuat medali tersebut. Proyek ini diharapkan dapat mempromosikan daur ulang dan juga mengurangi biaya.

"Sebuah proyek yang memungkinkan orang-orang Jepang untuk mengambil bagian dalam membuat medali adalah langkah yang sangat baik," kata direktur olahraga Tokyo Koji Murofushi dilansir BBC Sport.

"Ada batas pada sumber daya bumi kita, sehingga daur ulang ini akan membuat kita berpikir tentang lingkungan," tambahnya.

Kotak sumbangan barang bekas akan ditempatkan di kantor-kantor dan toko telekomunikasi lokal pada April mendatang. Kotak tersebut akan terus ditempatkan hingga logam yang diperlukan telah terkumpul.

Anggota panitia Olimpiade Jepang telah mengajukan ide tersebut untuk pejabat pemerintah pada tahun 2016.

Negara lain biasanya mendapat bahan medali Olimpiade dari logam perusahaan pertambangan. Tapi Jepang, yang tidak memiliki sumber daya mineral sendiri tertarik untuk menempuh langkah tersebut. 

Nantinya, bahan-bahan elektronik nantinya akan dipilah untuk mendapatkan sejumlah logam yang bernilai. Diketahui, smartphone dan tablet mengandung sejumlah kecil logam berharga dan langka seperti platinum, palladium, emas, perak, lithium, kobalt dan nikel.

Peralatan rumah tangga seperti lemari es dan AC juga mengandung logam termasuk besi, tembaga, timah dan seng.