Jumat, 19 Mei 2017 16:35 WITA

Atlet Korut Dibolehkan Ikut Olimpiade Musim Dingin di Korsel

Editor: Suriawati
Atlet Korut Dibolehkan Ikut Olimpiade Musim Dingin di Korsel
Foto: Jung Yeon-Je/AFP/Getty Images

RAKYATKU.COM - Atlet Korea Utara akan diizinkan untuk melintasi zona demiliterisasi untuk bersaing dalam Olimpiade Musim Dingin tahun depan di Korea Selatan.

Semenanjung Korea telah terpecah, dan memiliki zona larangan terbang sejauh 4 km sejak 1953, dengan jutaan pasukan berkumpul di kedua sisi. Tidak seorang pun yang dibiarkan melintas di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Korsel Pertimbangkan Buka Kembali Saluran Komunikasi Dengan Korut

Namun secara simbolis, panitia penyelenggara Olimpiade mengatakan bahwa atlet Korea Utara bebas untuk melintas, meski ketegangan meningkat antara kedua negara.

Lee Hee-beomLee Hee-beom

"Korea Selatan akan menyambut Korea Utara dan ketika mereka memutuskan untuk datang, pemerintah Korea Selatan akan mengizinkan mereka untuk datang melalui jalan darat dan ketika mereka memiliki tim pendukung, pemerintah Korea akan mengizinkan mereka datang dengan kapal," kata kepala Olimpiade Pyeongchang 2018, Lee Hee-beom, seperti dikutip Reuters.

"Semua negara sangat disambut baik, termasuk Korea Utara dan Rusia. Kami menginginkannya menjadi Pertandingan Perdamaian."

Hampir semua atlet Rusia dilarang bermain di Olimpiade Rio tahun lalu karena skandal doping. Namun Lee mengatakan bahwa dia yakin jika badan anti-doping Rusia akan memastikan Olimpiade Pyeongchang bersih.

"Partisipasi Rusia bukan wewenang saya," katanya. "Organisasi IOC (International Olympic Committee) dan organisasi yang relevan yang akhirnya akan memutuskan, tapi sebagai presiden Pyeongchang, kami akan menyambut semua negara dan semua atlet. Saya tahu orang-orang Rusia sangat aktif dalam memenuhi peraturan IOC dan Wada (World Anti-Doping Agency)"