11 September 2017 19:20 WITA

Van der Mark Gantikan Rossi di MotoGP Spanyol 2017

Editor: Mulyadi Abdillah
Van der Mark Gantikan Rossi di MotoGP Spanyol 2017
Michael van der Mark/Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Tim Movistar Yamaha mengumumkan pengganti Valentino Rossi saat balapan MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Aragon pada 24 September 2017.

Penggantinya adalah Michael van der Mark, pebalap Yamaha WorldSBK. Van der Mark akan mengendarai motor YZR-M1 menyusul Valentino Rossi belum pulih dari cedera kakinya.

Van der Mark akan didukung oleh kru Rossi. Kesempatan ini akan memberi pengalaman kepada pebalap 24 tahun itu pada kelas MotoGP. Hal serupa pernah dialami pembalap sesama Yamaha WorldSBK dan pemenang Race Endurance Race 097 Suzuka, Alex Lowes pada tahun lalu. Brit menggantikan Bradley Smith di Tim Monster Yamaha Tech3 di Inggris, San Marino, dan Aragon Grand Prix.

Sayangnya, debut Van der Mark i kelas utama di YZR-M1 tanpa latihan apapun. Meski begitu, pemenang Suzuka8H tiga kali ini sudah terbiasa dengan tuntutan bekerja untuk tim pabrik. Pelatih asal Belanda ini juga tidak asing dengan paddock MotoGP, setelah berkompetisi di tujuh Grand Prix 125cc di tahun 2010, dan pada balapan Moto2 2011 di Assen, Belanda. 

Selain itu, pengalamannya di Kejuaraan Dunia FIM Superbike (WorldSBK) dan Supersport World Championships, dan Superstock 600 Eropa membuatnya mengenal dengan baik sirkuit MotorLand Aragon.