13 September 2017 15:31 WITA

Laporan langsung dari Popnas Semarang

Sepakbola Sulsel Gugur Duluan dalam Popnas Semarang

Editor: Almaliki
Sepakbola Sulsel Gugur Duluan dalam Popnas Semarang

RAKYATKU.COM, SEMARANG - Cabang olahraga (Cabor) sepakbola Sulawesi Selatan gagal melaju ke babak selanjutnya dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Semarang, Jawa Tengah, 12 hingga 21 September, usai tersungkur dalam penyisihan grup D.

Wakil Sulsel diketahui sudah dua kali kalah, saat melawan Jawa Timur dan Sumatera Selatan pada partai kedua. Hasil ini lalu menjadikan cabor sepakbola yang pertama gugur, dalam mewakili Sulsel di Popnas. 

Pada laga pertama, tim Sulsel kalah telak dari tim Jawa Timur dengan skor 3-0 yang terlaksana di Stadion Wijil Uggaran Kabupaten Semarang, Selasa (12-9-2018) kemarin. Kemudian di partai kedua, Sulsel kembali menelan kekalahan atas Sumatera Selatan dengan skor 2-1 di stadion yang sama, pada hari ini, Rabu (13-9-2017).

Pelatih Kepala Cabor Sepakbola Sulsel, Usman Atto mengatakan, dua kekalahan yang diderita anak asuhnya itu, lantaran adanya faktor non teknis yang terjadi selama dua pertandingan.

"Artinya kalau kita lawan wasit, kita lawan lagi hakim garis. Saya sempat protes dengan wasit. Kapan sepakbola kita bisa maju kalau tidak ada kesadaran wasit?"

Menurutnya, bentuk non teknis itu seperti adanya pelanggaran dari lawan, namun wasit tidak meniupkan pluitnya. "Sementara kalau kita menjatuhkan lawan, langsung dinyatakan pelanggaran. Padahal pemain kami tidak begitu keras melanggar," bebernya.

"Akhirnya sempat anak-anak saling dorong di lapangan, harusnya adillah. Kalau pelanggaran, ya pelanggaran. Tapi kalau kita sebagai pelatih, kalau kalah ya kalah, bukan menyalahkan."

"Kalau pemain saya lihat, mereka bermain bagus. Fisik pemain kita juga bagus. Tapi kalau melawan 12 orang di lapangan, ya agak susah," pungkasnya.

Adapun tim yang berada dalam grup D, cabor sepakbola, hanya berjumlah tiga tim saja, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

Tags
Popnas