Home > Sports > F1
Sabtu, 30 September 2017 16:32 WITA

Gagal Finis, Seluruh Mobil Formula 4 di Sepang Kehabisan Bensin 

Editor: Fathul Khair Akmal
Gagal Finis, Seluruh Mobil Formula 4 di Sepang Kehabisan Bensin 
Foto: juara.net

RAKYATKU.COM - Seluruh pebalap FIA Formula 4 South East Asia kehabisan bahan bakar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (30/9/2017).

Awalnya, balapan delapan putaran ini berlangsung normal dan tak ada insiden yang menonjol. Namun, pada pengujung balapan, satu per satu mobil mulai berhenti karena kehabisan bensin seperti dikutip juara.net.

Pemenang balapan sebelumnya, pebalap tim Double R Racing Daniel Cao (China) menjadi salah satu driver yang mengalaminya. Setelah itu, tiga pebalap lain juga terhenti pada putaran keenam. Memasuki putaran ketujuh, tiga pebalap lain juga gagal melanjutkan balapan.

Dalam tahap ini, penyelenggara balapan akhirnya mengeluarkan safety car karena ada beberapa mobil yang terdampar di area berbahaya di sirkuit.

Pada putaran terakhir, hanya Kane Shepherd yang masih bertahan. Dia berada di belakang iring-iringan safety car.

Meski demikian, mobilnya juga mulai bergerak lambat dan akhirnya kehabisan bahan bakar ketika memasuki tikungan 2.

Shepherd kemudian dinyatakan sebagai pemenang balapan provisional setelah menuntaskan tujuh putaran.

Masalah kehabisan bahan bakar diyakini terjadi karena miskalkulasi jumlah bensin yang dibutuhkan untuk menyelesaikan balapan kedua dan ketiga. Pengisian bahan bakar dilakukan di antara kedua balapan tersebut.

Insiden ini turut menyita perhatian pebalap F1 dari tim Scuderia Toro Rosso, Carlos Sainz Jr. 

"Saya baru menyaksikan balapan pertama dalam hidup saya ketika tak ada satu pun mobil yang dapat menyelesaikan balapan," tulis Sainz di akun twitternya.

Tags