Sabtu, 14 Oktober 2017 19:35 WITA

Vinales Butuh Keajaiban Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2017

Editor: Mulyadi Abdillah
Vinales Butuh Keajaiban Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2017
Sumber Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Maverick Vinales merasa tidak berdaya dalam perebutan gelar juara MotoGP 2017 pasca sesi kualifikasi di Sirkuit Motegi, Jepang.

Pebalap Spanyol itu harus start pada posisi 14 pada balapan Minggu, 15 Oktober. Dalam kondisi lintasan basah, catatan waktunya mulai saat latihan bebas hingga kualifikasi sangat buruk.

Butuh keajaiban Vinales naik podium dalam memangkas jarak poin dengan sang pemuncak klasemen, Marc Marquez. Keduanya terpaut 28 poin dan 12 poin dari Andrea Dovizioso.

"Kami mencoba segalanya tapi, jujur, tidak ada yang membantu," kata Vinales dikutip dari Crash. 

"Ini masalah yang sama sepanjang tahun. Saya memberikan yang terbaik, saya tidak dapat melakukan apapun lagi dengan motor yang kita miliki saat ini. Pastinya ini memalukan karena kami berusaha meraih gelar, tapi sepertinya ini tidak mungkin," urai Vinales.

"Saya mencoba yang terbaik dan tim mencoba yang terbaik, kami melakukan segalanya untuk membuat pekerjaan sepeda tapi sepertinya tidak mungkin. Bukan hanya dua hari ini, sudah bertahun-tahun kami berjuang di tempat yang sama.

"Saya tidak berpikir kita akan menyelesaikannya, tapi toh kita akan mencoba. Kami telah mengganti motornya, turun, lebih pendek, lebih lama dan akhirnya masalahnya sama,".

Sementara rekan setimnya, Valentino Rossi juga bernasib serupa. Namun, Rossi sempat memperbaiki catatan waktunya pada FP3.

"Valentino pagi ini berjalan cukup cepat, saya cukup terkejut, mereka menggunakan setting yang berbeda, tapi saya mencoba pada siang hari dan terus berputar," Vinales membenarkan.

"Di FP4 saat berada di belakang beberapa pembalap, saya melihat, 'oke, ini tidak mungkin' - untuk melakukan waktu putaran di basah dan bahkan untuk bertarung dengan mereka. Karena dalam beberapa lap sudah bannya hilang.

"Mari kita lihat besok, kita akan berharap cuaca terbaik bisa dan kita akan mencoba dengan pasti."

Pada balapan besok, Johann Zarco akan start paling terdepan disusul Marquez. Sementara Rossi berada di urutan 12.