Rabu, 25 Oktober 2017 10:18 WITA

4 Skenario Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di Malaysia

Editor: Mulyadi Abdillah
4 Skenario Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di Malaysia
Sumber Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Marc Marquez kini di ambang gelar juara MotoGP 2017 jelang seri kejuaraan di Sepang, Malaysia pada akhir pekan ini. 

Juara dunia 2016 itu kian perkasa memuncaki klasemen dengan mengoleksi 269 poin usai menjuarai MotoGP Australia. Ia terpaut 33 poin atas rival utamanya, Andrea Doviziso. 

Seri kejuaraan menyisakan dua balapan lagi. Pebalap Repsol Honda itu bisa merengkuh gelar juara dunia dua kali berturut-turut dengan beberapa skenario. 

Pertama, Marquez wajib tidak tergelincir di Malaysia. Kedua, Marquez bisa mengunci gelar juara dunia dengan catatan harus meraih podium tertinggi di Malaysia. Raihan itu akan membuat Marquez mengoleksi 294 poin. 

Opsi ketiga adalah cukup meraih podium kedua di Malaysia. Jika finish di posisi dua, poin pebalap Repsol Honda itu menjadi 289. Nah, bila opsi ketiga tercapai, maka Marquez menyegel gelar juara dunia meski Dovi menjadi juara di Malaysia. Marquez unggul 28 poin atas Dovi pada balapan pamungkas di Valencia, Spanyol pada 12 November mendatang.

4 Skenario Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di Malaysia

Keempat adalah, Marquez bisa merengkuh gelar jawara di Malaysia bila Dovi gagal finis atau cuma finish di posisi sembilan atau lebih buruk. 

Andai Dovi finis di posisi sepuluh maka perolehan poinnya menjadi 242 dan tidak mungkin bisa mengejar Marquez, meski misalnya Marquez gagal finis sekalipun. Dengan begitu Marquez unggul 26 poin.

Bagaimana prestasi Marquez di Sepang? Pada musim lalu, pebalap Spanyol itu cuma finish pada posisi 11. Namun, kala itu The Baby Alien sudah mengunci juara dunia pada balapan sebelumnya. 

Paling parah pada musim 2014. Marquez gagal finish. Bila kejadian serupa terulang, perebutan gelar juara antara Marquez dan Dovi akan tetap sengit hingga balapan terakhir. Kita tunggu saja.