Minggu, 29 Oktober 2017 20:42 WITA

Ini Syarat Jika Dovizoso Ingin Juara Dunia MotoGP 2017

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Syarat Jika Dovizoso Ingin Juara Dunia MotoGP 2017

RAKYATKU.COM - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso keluar sebagai juara MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (29/10/2017).

Dengan hasil tersebut, Dovizioso kian menempel Marquez yang berada di puncak klasemen. Tak hanya itu, Marquez juga gagal meraih gelar juara MotoGP 2017 setelah finish di posisi empat.

Kini, Marquez menempati posisi pertama klasemen dengan raihan 282 poin, sementara Dovizioso berada di urutan kedua dengan koleksi 261 poin.

Dengan demikian, gelar juara dunia MotoGP 2017 pun akan ditentukan pada seri terakhir yang berlangsung di Sircuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 12 November mendatang.

Ini Syarat Jika Dovizoso Ingin Juara Dunia MotoGP 2017

Secara matematis, Dovizioso masih bisa meraih gelar juara dunia dengan catatan wajib menjadi pemenang pada balapan GP Valencia.

Namun, kemenangan Dovizioso di Valencia belumlah cukup jika Marquez finis sebagai runner-up hingga posisi ke-11.

Syarat supaya bisa menjadi juara dunia, Dovizioso harus menang dan Marquez finis maksimal di posisi ke-13. Dilansir Juaranet, seandainya berhasil menang pada GP Valencia, Dovizioso akan mendapat tambahan 25 poin dan secara keseluruhan mengemas 286 poin.

Adapun, jika Marquez finis di posisi ke-13, dia cuma menambah 3 poin dan secara keseluruhan bakal meraih 285 poin. Dengan kata lain, Dovizioso akan keluar sebagai juara dunia MotoGP 2017 dengan keunggulan 1 poin atas Marquez.

Peluang Dovizioso menjadi juara dunia memang tergolong kecil. Namun, seperti halnya pepatah 'bola itu bulat' dalam cabang olahraga sepak bola, di arena balap pun kerap terjadi ketidakpastian.