Rabu, 01 November 2017 02:02 WITA

Honda Ogah Gunakan Team Order di MotoGP Valencia

Editor: Fathul Khair Akmal
Honda Ogah Gunakan Team Order di MotoGP Valencia

RAKYATKU.COM - Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo, menolak memakai strategi team order pada seri terakhir MotoGP 2017 di Valencia, 12 November. Suppo mengaku tak akan meminta Dani Pedrosa membantu Marc Marquez untuk merebut gelar juara dunia.

Marquez berpeluang besar merebut titel karena masih unggul 21 poin atas rival terdekat, Andrea Dovizioso (Ducati). Dia hanya butuh finis ke-11 di Valencia untuk mengunci mahkota juara.

"Honda tak pernah melakukan team order ketika selisih di kejuaraan sangat kecil. Saat ini keunggulan kami sangat besar, jadi yang paling adil adalah bertarung tanpa team order," kata Suppo dikutip bola.com dari AS, Selasa (31/10/2017).

Meski tak menyukai team order, Suppo mengklaim memahami taktik Ducati pada MotoGP Malaysia, Minggu (29/10/2017). Pada balapan di Sepang, Ducati mengirim kode kepada Jorge Lorenzo yang sedang memimpin lomba untuk mengalah kepada Dovizioso agar pertarungan perebutan gelar berlanjut hingga Valencia.

"Dari sudut pandang tim pabrikan, kami memahami strategi Ducati. Namun, dari sudut pandang olahraga langkah mereka sulit dimengerti," ujar Suppo.

"Lorenzo yang sudah berjuang keras untuk meraih kemenangan pertama bersama Ducati tiba-tiba diminta memberikan jalan untuk membantu Dovi. Padahal selisih poin Dovi dengan Marc sudah terlalu besar. Saya hanya bisa berkata saya beruntung tak perlu membuat keputusan seperti itu," kata Suppo.