Jumat, 10 November 2017 10:07 WITA

Jorge Lorenzo Akan Bantu Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

Editor: Mulyadi Abdillah
Jorge Lorenzo Akan Bantu Dovizioso di MotoGP Valencia 2017
Sumber Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Jorge Lorenzo masih mengejar kemenangan pertamanya buat Ducati pada balapan pamungkas MotoGP Valencia, 12 November 2017. Tapi, Lorenzo rela memuluskan rekan setimnya, Andrea Dovizioso jika punya peluang merengkuh juara dunia. 

Valencia adalah salah satu rute favorit Lorenzo. Sejauh ini, ia memenangi empat dari delapan balapan MotoGP di Valencia.

"Saya memiliki kenangan bagus dari trek ini - terutama di kelas MotoGP. Dalam dua tahun terakhir saya menang di Valencia. Sayangnya, ini bukan rute yang bagus untuk motor kita. Ducati telah memiliki masalah di sini di masa lalu, meskipun Casey [Stoner] telah menang di sini. Trek ini lamban dan memiliki sudut yang ketat, yang tidak membantu Ducati. Tapi kita sudah memperbaiki mesin di area ini," kata Lorenzo dikutip dari Speedweek, Jumat (10/11/2017).

Jorge Lorenzo Akan Bantu Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

Ducati telah memenangkan dua balapan MotoGP di Valencia. Yakni pada tahun 2006 bersama Troy Bayliss dan 2008 bersama Casey Stoner. Maukah Lorenzo membantu Dovi pada hari Minggu? 

"Ya, tentu saja saya akan membantunya. Tapi sangat sulit bagi saya untuk membantunya, karena situasinya jauh lebih baik bagi Marc Marquez. Tidak akan mudah bagi Dovi. Jika saya memperjuangkan kemenangan, maka saya tidak perlu memperhatikan papan dan dasbor saya. Saya mengerti betapa pentingnya gelar untuk Ducati. Tapi saya ulangi: Akan sangat sulit bagi saya untuk membantu Dovi," demikan Lorenzo. 

Jorge Lorenzo Akan Bantu Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

Marquez menempati posisi pertama klasemen dengan raihan 282 poin, sementara Dovizioso berada di urutan kedua dengan 261 poin.

Secara matematis, Dovi masih bisa meraih gelar juara dunia dengan catatan wajib menjadi pemenang pada balapan MotoGP Valencia.
Namun, kemenangan Dovi di Valencia belumlah cukup jika Marquez finis sebagai runner-up hingga posisi ke-11.

Syarat supaya bisa menjadi juara dunia, Dovizioso harus menang dan Marquez finis maksimal di posisi ke-13.