Jumat, 10 November 2017 10:42 WITA

Menanti Marc Marquez Tampil Ngotot Asapi Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

Editor: Mulyadi Abdillah
Menanti Marc Marquez Tampil Ngotot Asapi Dovizioso di MotoGP Valencia 2017
Sumber Foto: Crash

RAKYATKU.COM - Sirkuit Ricardo Tormo Valencia menjadi penentu perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 yang berlangsung pada Minggu, 12 November.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez unggul 21 poin atas rival utamanya dari Ducati, Andrea Dovizioso. Secara matematis, Marquez cuma butuh finish maksimal di posisi 11 untuk merengkuh gelar juara dunia. Sementara Dovi wajib meraih podium tertinggi dan berharap Marquez finish minimal di posisi 13.

Balapan tentu akan berlangsung menarik bila Marquez tampil ngotot meraih podium tertinggi atau mengasapi Dovizioso. 

"Ini akan menjadi balapan yang sangat bagus di depan penggemar saya di sirkuit yang saya sukai. Kami akan tetap memiliki mentalitas yang sama seperti biasanya karena di motorsport pada umumnya apapun bisa terjadi, jadi kami akan mencoba untuk berada di level yang sama dan tentu saja untuk mencoba menyelesaikan balapan akan menjadi yang terpenting," kata Marquez dikutip dari Crash, Jumat (10/11/2017).

Marquez enggan dituding bermain 'aman' dalam balapan pamungkas ini.

"Ini bukan pertama kalinya saya memperjuangkan kejuaraan di Valencia, sudah di tahun 2010 tapi terutama di tahun 2015 itu sangat sulit. Saya berhasil dengan baik sehingga kami akan mencoba mengaturnya dan sepertinya cuaca akan bagus sepanjang akhir pekan, itulah satu hal yang sangat penting.

Menanti Marc Marquez Tampil Ngotot Asapi Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

"Selebihnya, kami akan mencoba 100 persen dan kemudian hari Minggu melihat di mana tingkat saya, di mana tingkat Dovi, dan mencoba untuk menemukan posisi dan hasil terbaik untuk saya."

Pembalap Spanyol tersebut mengatakan, dia tidak akan mengubah pendekatannya selama latihan dan kualifikasi, namun Marquez berencana untuk menerapkan strategi penghitungan yang lebih tepat untuk balapan terakhir ini.

"Selama akhir pekan ini, saya akan mendorong seperti biasa tapi hari Minggu, setelah pemanasan, kita akan melihat di mana kita berada, di mana tingkat pengendara lainnya, dan kemudian kita akan memutuskan," katanya.

Menanti Marc Marquez Tampil Ngotot Asapi Dovizioso di MotoGP Valencia 2017

Data menunjukkan, Marquez selalu naik podium dari 4 balapan terakhir ini di Sirkuit Ricardo Tormo. Sementara Dovizioso belum sekalipun naik podium. 

"Saya tidak akan pergi keluar dan mengatakan posisi ke-10, oke, saya akan mencoba menemukan perasaan dengan motornya, mencoba memberi 100 persen saya dan mencoba menikmati balapan - ini akan menjadi yang terpenting," demikian Marquez.