Sabtu, 11 November 2017 12:42 WITA

MotoGP Valencia: Marquez Tak Akan Ganti Strategi

Editor: Fathul Khair Akmal
MotoGP Valencia: Marquez Tak Akan Ganti Strategi
Sumber Foto: Crash

RAKYATKU.COM - MotoGP Valencia menjadi momen yang sangat menentukan bagi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez untuk tampil sebagai juara dunia MotoGP 2017. 

Marquez memang dalam posisi yang menguntungkan, dibanding sang pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso. Pembalap berusia 24 tahun itu memimpin puncak klasemen dengan keunggulan 21 poin atas Dovi. Hanya jika finis di urutan ke-12 atau lebih buruk, dan Dovi merebut podium juara yang membuat Marquez gagal menjadi juara dunia.

"Saat ini saya senang dengan pekerjaan saya meski ban depan di FP2 tak cukup baik. Hari ini (kemarin) saya mencoba dua jenis ban belakang, medium di FP1 dan lunak di FP2. Saat terjatuh, ban depan sudah melakukan banyak putaran, tapi kecepatannya bagus," tegas Marquez.

Namun, sepanjang MotoGP 2017, sudah 26 kali Marquez terjatuh. Insiden terkini dialami The Baby Alien pada sesi terakhir latihan bebas kedua MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (10/11/2017) kemarin.

Akibat insiden itu, Marquez gagal memperbaiki catatan waktunya pada FP2 MotoGP Valencia. Pembalap asal Spanyol itu hanya bisa menempati urutan kelima dengan selisih 0,603 detik dari pembalap Ducati, Jorge Lorenzo sebagai yang tercepat.

Marquez sendiri sebenarnya tak ingin sering terjatuh seperti itu. Namun, itu juga menjadi bagian dari strateginya. 

"Untuk beberapa alasan, insiden seperti itu terjadi rutin tahun ini. Ini juga soal motor yang memberikan sedikit respons di batas. Saya selalu berusaha memacu, tapi situasinya sering kritis," ujar Marquez, dilansir Speedweek.

"Seperti yang saya katakan, saya tak akan mengubah gaya Marquez akhir pekan ini. Saya akan selalu mendekati batas dalam sesi latihan, lalu mencoba mengelola balapan pada hari Minggu dengan cara yang berbeda," ia menambahkan.