Jumat, 15 Desember 2017 09:11 WITA

Praveen/Debby Kandas di BWF Dubai World Super Series

Editor: Fathul Khair Akmal
Praveen/Debby Kandas di BWF Dubai World Super Series
Praveen Jordan/Debby Susanto.Foto: Humas PBSI

RAKYATKU.COM - Indonesia dipastikan kehilangan satu wakilnya di semifinal BWF Dubai World Super Series Finals 2017. Hal ini setelah Praveen Jordan/Debby Susanto kembali menelan kekalahan di penyisihan Grup A, Kamis (14/12/2017) malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Bermain di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, Praveen/Debby dipaksa mengakui keunggulan pasangan ganda campuran Cina, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dengan skor 12-21, 21-19, dan 16-21.

Kekalahan ini membuat peringkat enam dunia ini belum pernah menang dalam dua pertandingan di Grup A, dan dipastikan tersingkir meski masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Sebelumnya, pada laga perdana penyisihan grup, Rabu (13/12/2017), Praveen/Debby menyerah 13-21, 21-14, dan 16-21 dari Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong).

Duel antara Praveen/Debby dan Zheng/Chen berlangsung sengit sejak game pertama. Setalah kalah di game pertama, Praveen/Debby sempat ketinggalan di game kedua.

Namun, pasangan Merah Putih ini mampu menyamakan kedudukan menjadi 16-16 dan balik mengungguli Zheng/Chen menjadi 18-16 bahkan merebut game kedua.

Di game ketiga, Praveen/Debby lagi-lagi memperkecil ketertinggalan mereka dari 10-14 menjadi 16-17.

Sayangnya kesalahan demi kesalahan dilakukan Praveen/Debby hingga akhirnya Zheng/Chen memenangkan game ketiga sekaligus memastikan tiket semifinal.

"Kalau dari hasil, agak kurang puas, tahun lalu kami bisa masuk semifinal. Tetapi kalau dilihat dari segi permainan, cukup ada peningkatan dari sebelumnya. Ada sisi positifnya, walaupun hasilnya kurang bagus," ujar Praveen, dikutip Suara.com, Jumat (15/12/2017). 

"Waktu memenangkan game kedua, kami merasa yakin ada peluang. Di game ketiga pun pertandingan berlangsung ketat dan kejar-kejaran angka. Sayangnya di poin akhir kami banyak salah penempatan bola dan sudah terbaca oleh lawan," ungkap Debby.

Dengan demikian, baru Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sementara memastikan tempat di semifinal.

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus memenangkan laga ketiga, hari ini, melawan Li Junhui/Liu Yuchen (Cina) jika ingin meraih tiket semifinal.