Minggu, 17 Desember 2017 18:11 WITA

INAPGOC: Yuk Dukung Atlet Penyandang Disabilitas Jelang APG!

Editor: Almaliki
INAPGOC: Yuk Dukung Atlet Penyandang Disabilitas Jelang APG!

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Indonesia sebentar lagi menggelar Asian Para Games (APG) 2018 yang terlaksana pada 6 hingga 13 Oktober 2018 mendatang di Jakarta dan Palembang. Sebanyak 43 negara dengan 3000 atlet disabilitas beserta ofisialnya, bakal mengikuti 582 nomor pertandingan.

Lantas sebelum acara empat tahunan itu terlaksana. Indonesia Asian Para Games Organizer Commitee (INAPGOC) turut andil bagian, yakni dengan cara mengajak masyarakat agar lebih dekat dengan olahraga para penyandang disabilitas.

Irva Utama Negara, selaku Member of PR Media INAPGOC, mengatakan sosialisasi yang digelar dari 20 titik dengan 16 daerah ini, merupakan langkah awal. Sebab pihaknya akan terus menginformasikan kepada masyarakat hingga APG 2018 terlaksana.

"Seperti yang kita tahu, APG pertama kali terlaksana tahun 2010 lalu di China. Jadi kami bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan ini. Sehingga pengetahuan APG terhadap masyarakat semakin tinggi, dan tertarik untuk mengapresiasi dengan menyelenggarakan langsung atau tidak langsung," jelasnya dalam sesi jumpa pers di Trans Mall, Minggu (17/12/2017).

Memang, kegiatan dalam bentuk olahraga penyandang disabilitas di Indonesia masih minim dilakukan. Hanya gelaran besar yang kerap diikuti, seperti Asian Para Games, atau ASEAN Para Games.

Namun hal tersebut tak bisa dipandang remeh lantaran Indonesia, mampu menjadi macan di Asia tenggara. Pada tahun ini saja, Indonesia mampu juara umum di ASEAN Para Games di Kuala Lumpur, Malaysia dengan mengemas 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu.

"Makanya kami berharap, pemerintah, masyarakat, dan seluruh kalangan bisa lebih mendukung atlet. Ya, ini juga akan menambah kepercayaan diri saudara-saudara kita, bahwa kekurangan bukanlah hal sebagai penghalang untuk berprestasi," tegasnya.

Untuk itu, INAPGOC telah memasang beberapa booth di pelbagai daerah. Seperti Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bali, Surabaya, Makassar, Samarinda, dan Ambon.

"Makassar sendiri kita pasang booth di Trans Mall. Jadi kami berpesan kepada masyarakat agar bisa datang untuk mengetahui hal-hal yang kami sosialisasikan," tutup Irva Utama Negara.

Berita Terkait