Kamis, 18 Januari 2018 17:09 WITA

Jonas Folger Absen di MotoGP 2018

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jonas Folger Absen di MotoGP 2018
Jonas Folger

RAKYATKU.COM - Pebalap Yamaha Tech 3, Jonas Golger terpaksa absen pada MotoGP musim 2018. Dia terpaksa melewatkan empat putaran terakhir MotoGP musim 2017, serta pengujian pasca musim 2018, setelah didiagnosis dengan sindrom Gilbert.

“Sangat sedih untuk mengatakannya, tapi saya tidak akan balapan MotoGP pada 2018. Saya tidak mampu pulih seperti yang diharapkan, dan pada tahap ini, saya tidak merasa tidak bisa mengendarai motor MotoGP sebanyak 100%,” ujarnya dikutip dari Autosport, Kamis (18/1/2018).

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang terlibat, tapi khususnya Monster Yamaha Tech 3, Yamaha Factory Jepang, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots dan Rudy Project.

“Saya berharap bisa kembali suatu hari dan ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan terus-menerus dari Anda.”

Alasan kesehatan memang menjadi faktor di balik tidak tampilnya Folger pada empat seri terakhir MotoGP 2017. Posisi kosong sang pembalap sempat digantikan Kohta Nozane di Motegi dan Broc Parkes di Phillip Island.

November lalu, Tech 3 merilis pernyataan perihal sakit yang diderita Folger, bahwa ia rupanya didiagnosis Sindrom Gilbert atau penyakit gangguan hati ringan. Dan penyakit ini telah mengganggu kondisinya selama beberapa tahun, tapi belum pernah didiagnosis dengan baik.

Muncul harapan Folger bakal pulih seperti sedia kala, ketika bos Tech 3, Herve Poncharal menyebut pembalapnya itu akan fit setelah Natal, dan siap untuk menjalani tes pramusim MotoGP 2018. Sayang, kenyataan berbicara lain.

“Tadi malam (Selasa), saya menerima telepon dari Bob Moore, manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak percaya apa yang dikatakan Bob kepada saya, bahwa Jonas Folger telah memutuskan untuk tidak balapan MotoGP 2018, karena tidak merasa 100% sembuh secara mental dan fisik,” ungkap Poncharal.

“Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan balapan dengan kami pada 2018, terutama karena dia adalah seseorang yang sangat saya percaya dan yakin akan mencapai tingkat teratas bersama tahun ini. Saya benar-benar menghormati keputusannya, meski sulit diterima.

“Namun, saya akan mencoba mencari solusi pembalap pengganti, yang merupakan misi sangat sulit, karena semua pembalap cepat sudah dikontrak. Tapi seperti biasa di balap kita harus proaktif, inventif dan mudah-mudahan kami bisa membuat seseorang sangat bahagia. Kami akan terus memberitahu Anda tentang situasi berikutnya.”

Folger melakoni debut di kelas premier pada 2017. Dari 14 kali penampilannya sepanjang musim lalu, ia berhasil merebut podium kedua di Sachsenring, usai memberikan perlawanan ketat kepada juara dunia Marc Marquez.