Kamis, 08 Februari 2018 16:37 WITA

Indonesia Tumbangkan Tiongkok di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia

Editor: Nur Hidayat Said
Indonesia Tumbangkan Tiongkok di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia
Della Destiara Haris dan Rizky Amelia Pradipta saat tampil pada Kejuaraan Beregu Asia 2018.

RAKYATKU, KEDAH - Tim bulu tangkis putri Indonesia unjuk gigi pada Kejuaraan Beregu Asia 2018. Pada babak penyisihan di Grup Z, Indonesia berhasil mengalahkan Tiongkok 3-2 di Stadium Sultan Abdul Halim, Kedah, Malaysia, Kamis (8/2/2018). 

Kemenangan ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pemuncak grup dan lolos ke babak selanjutnya. Pada pertandingan sebelumnya, Indonesia mengalahkan Singapura 5-0. Sementara bagi Tiongkok mengharuskan mereka puas duduk di peringkat kedua. 

Adalah pasangan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta di laga keempat yang menjadi pahlawan kemenangan bagi Indonesia. Lewat pertandingan 1 jam 10 menit, mereka berhasil menghentikan perlawanan Cao Tong Wei/Yu Zheng dengan skor 21-14, 19-21, dan 23-21.

Pada partai ini, Indonesia dengan Tiongkok sesungguhnya masih punya satu pertandingan sisa. Namun, apa pun hasilnya memang tidak akan berpengaruh sebab Indonesia sudah lebih dahulu unggul 3-1. Di babak perempat final, Indonesia akan melawan Taiwan yang menjadi runner up Grup X.

Della seperti dikutip Badminton Indonesia, mengaku sesungguhnya mereka tidak dibebankan memetik kemenangan. Namun, bermain lepas justru membawa kemenangan. 

"Kami tidak dibebankan, tetapi kami kan pasti mau menang, mau berusaha menyumbang angka untuk tim. Apalagi Indonesia sudah unggul 2-1. Kami terlalu ingin menang, setelah menang di gim pertama, kami justru terlalu hati-hati mainnya," ucap Della. 

"Waktu di akhir-akhir gim, kami tidak mau memikirkan poin, yang penting bagaimana caranya shuttlecock masuk dulu ke area lawan. Semakin kami nafsu ingin mematikan lawan, mereka malah akan semakin bagus," tambahnya.

Rizki menimpali bahwa pada gim penentuan mereka sempat tertekan. Namun, berkat ketenangan akhirnya bisa menumbangkan lawan.

"Lawan bermain nothing to lose dan kami agak tertekan karena kalah di gim kedua. Sebetulnya mereka hanya menunggu kami membuat kesalahan sendiri. Kami bersyukur tim putri bisa menang dari Tiongkok," ucap Rizki.