Selasa, 13 Februari 2018 17:11 WITA

Ini Dia Sosok yang Juarai MotoGP dan Formula 1 Sekaligus

Editor: Nur Hidayat Said
Ini Dia Sosok yang Juarai MotoGP dan Formula 1 Sekaligus
John Surtees. Sumber: The Guardian.

RAKYATKU.COM - Sejago-jagonya Valentino Rossi di MotoGP, sehebat-hebatnya Michael Schumacher di Formula, tidak akan bisa melewati prestasi sosok satu ini. Ia menjuarai  MotoGP dan Formula 1 sekaligus. Siapa dia?

Tidak ada yang menafikan betapa sulitnya menjuarai MotoGP begitu pula Formula 1. Namun, bagi John Surtees, itu bukanlah hal mustahil. Ia pun telah membuktikannya. Pria asal Inggris tersebut sampai saat ini tercatat sebagai pembalap pertama dan satu-satunya yang mampu memenangi dua gelar dunia di ajang yang berbeda, MotoGP serta Formula 1. 

Dilansir Wikipedia, John Surtees mengawali karier di dunia balap adalah di balap roda dua pada 1952. Ia kemudian meraih gelar juara dunia pertamanya pada 1956 di kelas 500 cc. Ia selanjutnya meraih total 7 gelar juara dunia, terdiri atas 4 dari kelas 500 cc dan 3 dari kelas 350 cc.

John Surtees kemugian meninggalkan MotoGP dan beralih ke balap roda empat Formula 1 pada awal 1960-an. Ia meraih gelar juara dunia pada 1964.  John Surtees aktif membalap di Formula 1 sampai 1972.

Ini Dia Sosok yang Juarai MotoGP dan Formula 1 Sekaligus

Selama itu ia mencatat banyak kemenangan, namun tidak bisa lagi meraih gelar juara. John Surtees wafat pada Maret 2017 lalu pada usia 83 tahun dan menyematkan dirinya menjadi legenda balap di dua dunia balap berbeda.