Senin, 12 Maret 2018 13:38 WITA

Alasan Ekstrem, Ternyata Marc Marquez Sengaja Jatuhkan Motor di MotoGP

Editor: Nur Hidayat Said
Alasan Ekstrem, Ternyata Marc Marquez Sengaja Jatuhkan Motor di MotoGP
Aksi pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengendarai Honda RC213V. (FOTO: CRASH)

RAKYATKU.COM - "Biasanya saya tidak suka jatuh. Saat Moto2, saya jarang mengalami kecelakaan. Tetapi, jika ingin mengerti batas motor, Anda harus terjatuh," ucap Franco Morbidelli, pebalap tim Marc VDS, dikutip Motorsport.

Juara dunia Moto2 2017 itu mengungkapkan hal tersebutlah yang sesungguhnya dilakukan pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez. Ia seolah dengan sengaja menekan motor hingga jatuh, agar bisa memahami batas motornya.

Marc Marquez memang kerap mengalami kecelakaan dan terjatuh saat babak latihan dan terkadang saat balapan. Franco Morbidelli bilang itu cukup wajar.

"Saya harus menekan untuk mencapai batas. Ketika sudah di batas, akan makin besar pula kemungkinan untuk terjatuh. Marc mengajari kami, bahwa terjatuh adalah salah satu cara menguasai motor dengan cepat. Tapi memang jangan terlalu memaksa," bebernya.

Sama dengan Marc Marquez, Franco Morbidelli juga menunggangi Honda RC213V. Menurut Franco, Honda RC213V
merupakan motor yang terbilang rumit untuk dikuasai.

Alasan Ekstrem, Ternyata Marc Marquez Sengaja Jatuhkan Motor di MotoGP 

Franco Morbidelli.

"Saya sadar motor kami tidak mudah untuk didekati. Tapi, kami bekerja keras agar lebih mudah dikendarai, sehingga terasa lebih baik," ujar pembalap didikan Valentino Rossi ini.

Pada uji coba pramusim yang usai akhir pekan lalu, Morbidelli mendapat keistimewaan menganalisis data milik tim Repsol Honda 2017. 

"Data dari mereka merupakan berkah. Belajar dari rider seperti (Marc) Marquez dan (Dani) Pedrosa itu bagaikan membaca kitab suci MotoGP," ujar pembalap 23 tahun itu.